Aplikasi Antivirus Android

Posted on

Malavida.co.id – Sedang mencari aplikasi Antivirus dan Malware terbaik untu ponsel Android kesayangan Anda? Tenang, kami memiliki beberapa rekomendasi aplikasi Antivirus yang paling ampuh untuk Anda.

Memiliki aplikasi antivirus di HP atau tablet Android Anda sangat penting. Bagaimanapun, Android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia, dan itu berarti target empuk bagi pembuat virus.

Kita melakukan banyak hal dengan perangkat Android, seperti mobile Banking sampai online shoping. Sehingga malware di HP atau tablet Anda sangat membahayakan untuk keamanan.

Itulah mengapa sangat penting untuk memasang salah satu aplikasi antivirus Android terbaik yang akan Anda temukan di postingan ini.

Aplikasi Antivirus Android Terbaik

aplikasi antivirus android terbaik

Berikut kami akan memberikan 10 rekomendasi aplikasi antivirus Android terbaik. Beberapa di antaranya adalah aplikasi yang dapat Anda download dan gunakan secara GRATIS.

Aplikasi-aplikasi ini akan menjalankan scan otomatis, dan akan secara aktif mencoba mencegah laman web dan file berbahaya yang Anda buka dan download. Sangat ampuh untuk melindungi HP atau tablet Android Anda.

Baca juga: Situs Download Software

1. Bitdefender

bitefender mobile

Bitdefender menawarkan perlindungan luar biasa untuk perangkat Android Anda, dengan serangkaian fitur termasuk anti-theft, dan kemampuan antivirus terbaik.

Aplikasi ini mendapat nilai penuh dalam putaran AV-Test terbaru, dan AV-Comparatives (lab uji antivirus independen utama lainnya) mengamati tingkat perlindungan 99,9%. Sangat mengesankan.

Keamanan real-time protection untuk browser Chrome, dan fitur autopilot yang mengklaim mampu membuat rekomendasi cerdas untuk tindakan keamanan bergantung pada sistem Anda dan pola penggunaan umum.

Ada juga tool penasihat privasi yang menambahkan lapisan keamanan ke smart watch Anda melalui teknologi WearOn, yang memberi tahu Anda jika Anda tidak sengaja meninggalkan ponsel Anda.

Seperti yang disebutkan, fitur anti-theft memungkinkan Anda untuk menemukan dan mengunci perangkat Anda dari jarak jauh, atau mengirim pesan ke ponsel atau tablet jika Anda kehilangan perangkat Anda.

Anda juga dapat menghapus perangkat sepenuhnya dari jarak jauh jika Anda mau. Anda bisa menggunakannya secara gratis, tetapi Anda juga bisa membelinya untuk fitur yang lebih lengkap.

2. Norton

norton mobile

Aplikasi Norton menawarkan banyak fitur, termasuk App Advisor yang didukung oleh Norton Mobile Insight, dan memeriksa aplikasi untuk kemungkinan risiko privasi.

Atau perilaku tidak diinginkan lainnya seperti terlalu membebani baterai Anda (Anda bahkan bisa mendapatkan evaluasi ini sebelumnya Anda menginstal aplikasi).

Aplikasi ini juga mendapat nilai tertinggi untuk perlindungan yang diberikan mesin antivirus-nya sesuai dengan temuan AV-Test. Fitur lainnya termasuk pemblokiran panggilan untuk melindungi dari panggilan spam.

Keamanan Wi-Fi yang memperingatkan Anda saat Anda terhubung ke jaringan nirkabel yang tidak aman, ditambah fitur antitheft yang memungkinkan Anda mengunci perangkat yang dicuri dari jarak jauh.

3. Avast

avast android

Raksasa antivirus Avast telah menghasilkan aplikasi berkualitas lain yang melampaui yang lainnya, meskipun ia melakukan pemindaian virus dengan sangat baik, dan dinilai tinggi oleh laboratorium uji independen.

Fitur Avast sangat bagus dan memiliki sistem anti-theft yang memungkinkan Anda melacak dan mengunci (atau menghapus) perangkat Android Anda dari jarak jauh jika Anda kehilangan perangkat Anda.

Ada juga beberapa fitur peningkatan kinerja yang menarik termasuk pembersih sampah untuk mengosongkan ruang penyimpanan, dan ‘penambah RAM’ yang bertujuan untuk mempercepat perangkat Anda.

Aplikasi ini dulunya berbayar tetapi sekarang Anda bisa menikmatinya secara gratis, meskipun terdapat iklan. Aplikasi ini mencegah malware untuk menjalankan aplikasi internet banking secara otomatis.

4. AVG AntiVirus

avg antivirus

AVG AntiVirus adalah aplikasi berkualitas tinggi lainnya untuk mengamankan perangkat Android Anda, dan memberikan tingkat perlindungan yang mengesankan tanpa biaya apa pun.

Bahkan, aplikasi ini menggunakan mesin antivirus yang sangat disukai seperti Avast di atas (Avast membeli AVG pada tahun 2016). Namun, ini bukan produk yang sama.

Karena ini versi gratis, aplikasi ini juga memiliki iklan, tetapi dengan meningkatkan ke versi premium, Anda dapat menyingkirkan iklan tersebut.

Versi Pro berbayar dari AVG hadir dengan banyak fitur tambahan, termasuk kemampuan anti-theft yang diperluas seperti penguncian perangkat sendiri jika kartu SIM diganti, dan membunyikan alarm.

Gudang Foto untuk mengamankan foto-foto Anda, dan kunci aplikasi, pemindai keamanan Wi-Fi, dan pengaturan privasi tambahan, seperti untuk memblokir penelepon.

5. Kaspersky Mobile Antivirus

Dengan Kaspersky Anda tidak hanya mendapatkan keuntungan dari keamanan antivirus inti yang ketat, tetapi ada juga beberapa kemampuan anti-theft kelas berat.

Yang memungkinkan Anda menemukan lokasi perangkat Android Anda jika hilang atau dicuri. Anda juga dapat mengunci ponsel dari jarak jauh, atau menghapus data di dalamnya.

Bahkan Anda dapat mengambil foto orang yang sedang menggunakan perangkat (yang bisa sangat berguna jika mereka pencuri). Ada juga alarm juga dapat disetel dari jarak jauh.

Fitur mengesankan lainnya adalah dukungan untuk Android Wear yang menyederhanakan manajemen keamanan, ditambah lagi aplikasi ini gratis dan ada versi berbayar juga.

6. McAfee

McAfee adalah nama lain yang terkenal dalam hal aplikasi antivirus, dan aplikasi tidak akan mengecewakan. Selain sebagai pemindai antivirus, versi gratisnya memberi Anda cukup banyak fitur.

McAfee juga mengevaluasi keamanan jaringan Wi-Fi mana pun yang tersambung dengan perangkat, dan dilengkapi dengan beberapa fitur untuk membantu ponsel Anda bekerja lebih baik, termasuk pembersih penyimpanan, ditambah memori dan penguat baterai.

Baca juga: Aplikasi Internet Gratis pada Android

7. Avira Antivirus 2020

Avira adalah aplikasi keamanan lain yang mendapat banyak jempol dari laboratorium pengujian independen terkait kualitas mesin antivirusnya.

Versi gratisnya terdapat iklan, tetapi memiliki banyak fitur, termasuk Izin Manajer yang menilai aplikasi pada skala privasi untuk membantu Anda dengan mudah memutuskan seberapa layak aplikasi dipercaya dengan data Anda.

Fitur Pengamanan Identitas terintegrasi secara teratur memeriksa apakah alamat email Anda telah bocor dalam setiap pelanggaran data utama, dan memberi tahu Anda perincian tentang kebocoran apa pun.

Dan tambahan baru adalah VPN sekarang terintegrasi dengan Avira Antivirus, meskipun Anda hanya mendapatkan sedikit data harian hanya 100MB per hari. Jika ingin menggunakan VPN, coba Aplikasi VPN Android.

8. Tren Micro Mobile Security & Antivirus

Aplikasi antivirus android Trend Micro tidak hanya memindai aplikasi baru untuk malware sebelum diunduh dan dipasang, tetapi juga mencegah aplikasi yang baru dipasang mengakses aplikasi lain.

Ada juga pemindai privasi bawaan untuk Facebook yang memperingatkan Anda jika setelan profil Anda menampilkan informasi pribadi yang sensitif.

Memang, ada sejumlah besar fitur di sini, yang meliputi perlindungan web, anti-theft, dab pemeriksa Wi-Fi untuk memastikan jaringan nirkabel apa pun yang Anda sambungkan aman.

Ditambah utilitas tuning sistem, rangkaian lengkap kontrol orang tua, dan Pay Guard yang memastikan bahwa semua transaksi perbankan atau belanja online Anda aman.

Selain itu, kedua laboratorium pengujian independen menilai Trend Micro Mobile Security sebagai perlindungan terhadap 100% ancaman, menjadikannya yang teratas saat ini.

9. V3 Mobile Security

Aplikasi keamanan dari AhnLab Korea Selatan ini tidak setenar yang lain di daftar ini, tetapi memiliki tingkat deteksi yang sangat tinggi untuk malware Android menurut AV-Test.

Faktanya, AV-Comparatives bertahan dari 100% ancaman, dan karenanya mendapat peringkat dengan performa terbaik. Poin kuat lain dari aplikasi ini adalah ia berjalan dengan baik bahkan pada perangkat Android lama.

Dan umumnya tidak membebani penggunaan sumber daya sistem. Selain itu, aplikasi ini memiliki penguat bawaan untuk membantu mempercepat kinerja ponsel Anda.

10. Sophos Intercept X

sophos antivirus

Aplikasi Sophos Intercept X sepenuhnya gratis, namun aplikasi tidak berisi iklan apa pun, tidak seperti banyak aplikasi gratis lainnya.

Jadi, meskipun Sophos Intercept X sangat mengesankan dalam hal itu, ada sedikit tanda tanya atas bagian perlindungan malware karena aplikasi tersebut belum diuji oleh laboratorium independen besar tahun ini.

Tetapi jangan khawatir, AV-Test mendapatkan nilai penuh untuk perlindungan antivirus di seluruh laporan AV-Test pada tahun 2019.

Sophos memindai aplikasi untuk malware atau konten berbahaya saat diinstal dan lebih lanjut memperingatkan Anda jika mereka mungkin membocorkan informasi sensitif.

Pemindai antivirus juga dapat dijadwalkan untuk memindai file dan folder secara berkala. Fitur bagus lainnya adalah Secure QR Code Scanner, yang akan memeriksa setiap URL target.

Untuk kemungkinan ancaman saat Anda memindai kode QR, memastikan bahwa Anda dapat menggunakannya dengan aman.

Baca juga: Aplikasi Scan Android

Kesimpulan

Dengan aplikasi Antivirus Android di atas, sekarang Anda tidak perlu takut lagi dalam menggunakan ponsel atau tablet Android Anda. Karena aplikasi di atas dapat melindungi Anda dari berbagai ancaman.

Anda tidak perlu khawatir dalam menggunakan mobile / internet Banking maupun online shoping, dan juga ada fitur yang dapat membantu Anda saat kehilangan perangkat Android Anda.

Dan yang terpenting adalah Anda tidak perlu khawatir bahwa dengan menginstal aplikasi antivirus di Android akan membebani sistem, karena mereka juga memiliki fitur untuk mempercepat kinerja sistem Anda.

Mezzi Fernandes
Kita dapat mengubah hidup kita. Kita dapat melakukannya, memiliki, dan menjadi apa yang kita inginkan