Aplikasi Pembuat Game

Posted on

Aplikasi Pembuat Game – Dalam dunia IT terdapat banyak sekali software pembuatan game, baik itu game engine yang dikhususkan pada platform tertentu maupun untuk semua perangkat platform (Multiple Platforms).

Pada jaman sekarang keberadaan game sangat dekat dengan manusia, bahkan anak-anak jaman sekarang sudah bisa bermain game. Anak-anak zaman sekarang jarang bermain di lingkungannya karena pengaruh gadget dan game, mereka membuat game selaku lingkungan bermainnya.

Tidak tabu bila jarang melihat anak bermain pada lingkungan luar, kebanyakan jika mereka bermain di lingkungan luar mereka akan pergi ke kafe untuk bermain game, mereka bahkan berani menginap di kafe hanya untuk bermain game.

Seiring dengan perkembangan zaman, game terus berkembang dan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Game di era ini memiliki grafik yang sangat fantastis dan memiliki ukuran yang cukup besar pula.

bahkan ada game yang memiliki grafik yang sangat mirip dengan kehidupan nyata, dilihat dari tekstur karakter, pemandangan, animasinya, dll.

Bahkan ada game yang sangat mirip dengan kehidupan nyata seperti GTA 5 dll ada bahkan ada pengumuman bahwa GTA 6 akan segera diluncurkan. Tidak hanya itu, perkembangan game juga sangat pesat, terutama kemunculan game VR (Virtual Reality).

Game dengan prinsip VR ini menghadirkan seolah-olah kita memasuki dunia game yang sedang kita mainkan pasti sangat menyenangkan bukan? Selain VR, ada juga game berbasis AR (Augmented Reality).

Berbeda dengan VR, game AR ini memiliki prinsip mengubah objek 2D atau 3D menjadi gadget, atau bisa dibilang objek yang seolah-olah bukan game, setelah melihat gadget tersebut ternyata objek tersebut adalah game.

Tak kalah dengan negara lain, kini Indonesia sudah mulai mengembangkan game berbasis AR dan VR. Bermain game sebenarnya memiliki 2 sisi yaitu sisi positif dan sisi negatif. Sisi positif bermain sebuah game banyak sekali yaitu membuat kita melatih logika, belajar bahasa inggris, menghilangkan penat dll.

Namun permainan juga memiliki sisi negatifnya sendiri, dengan permainan kita tidak mengenal waktu, dengan permainan kita membuang-buang uang dengan sia-sia, terus menerus Menatap layar game kemungkinan besar akan menyebabkan kelelahan mata dan jika dibiarkan akan merusak mata kita.

Dengan mengoreksi sisi negatif permainan, tentunya kita perlu menghindarinya. Lalu bagaimana cara menghindarinya? Jika kita kecanduan?

Untuk menghindari sisi negatifnya, ada baiknya jika sebelum bermain game atur waktu Anda terlebih dahulu, sebaiknya Anda mengatur alarm / batas waktu untuk bermain game tersebut, agar waktu bisa digunakan untuk hal-hal yang positif.

Awalnya Game Developer berorientasi dari dunia luar / barat dan sekarang negara kita Indonesia tidak mau kalah dengan negara lain.

Hari demi hari banyak tim developer game Indonesia yang dibentuk dan mulai meluncurkan game-nya, bahkan kemarin ada game-game lokal yang sedang booming di Play Store seperti Tahu Bulat by Own Games, Froggy dan Pesticide by None Developer dan masih banyak game lokal yang marak tersedia. booming di Play Store.

Berbicara tentang membuat game, apa software yang terbaik dan berkualitas untuk membuat game? Pertanyaan inilah yang sering ditanyakan oleh para gamers yang ingin membuat sebuah game, karena kebanyakan developer game adalah dari kalangan gamer yang ingin membuat sebuah game.

Di sini kami akan mengulas beberapa software / game engine terbaik, berkualitas dan termudah untuk digunakan di seluruh dunia:

Aplikasi Pembuat Game

Aplikasi Pembuat Game Yang Sangat Mudah di Gunakan Oleh Pemula

1. GameMaker

Apa itu GameMaker? Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi GameSalad. Berikut akan dijelaskan tentang aplikasi pembuat game di Android yaitu GameMaker beserta kegunaan dan kelebihannya.

Pembuat game ini juga hampir mirip dengan aplikasi sebelumnya, di mana Anda dapat membuat game hanya dengan menggunakan drag-and-drop, artinya tanpa mempelajari bahasa pemrograman yang rumit Anda dapat membuat game sendiri.

Meski begitu, kamu tetap bisa mengubah script game menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami. Tidak hanya menggunakan bahasa dalam aplikasi, tetapi Anda juga dapat mengubahnya menjadi bentuk yang sederhana dan mudah dipahami.

Di GameMaker, ini dirancang bagi pemrogram pemula untuk dapat membuat game tanpa harus mempelajari serangkaian bahasa pemrograman yang rumit.

Oleh karena itu jika anda seorang programmer pemula maka anda tidak perlu khawatir karena anda akan dibekali dengan segala fasilitas yang mungkin untuk anda serta mudah untuk dipelajari dan digunakan.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan toolset untuk pembuatan animasi, image asset, dan tilling level. Dengan begitu, kebutuhan Anda dalam membuat game bisa terpenuhi.

Bahkan melalui GameMaker Anda dapat membuat kode dan mengedit kode dari GameMaker sehingga Anda lebih memahami pemrograman game dasar.

Dengan begitu Anda tidak hanya belajar membuat game tanpa bahasa pemrograman, tetapi melalui aplikasi ini Anda juga bisa belajar tentang bahasa pemrograman.

Selain kelebihan di atas, Anda juga dapat mengekspor kreasi game Anda langsung ke desktop Windows, Mac OSX, HTML5, Playstation 4, dan banyak lagi. Beberapa game indie terkenal yang menggunakan alat GameMaker adalah HyperLight Drifter, Spelunky, dan Crashlands.

2. GameSalad

Apa itu GameSalad? Aplikasi ini memiliki nama yang hampir sama dengan nama makanannya. Namun aplikasi ini memiliki banyak kegunaan dan kelebihan.

Berikut ini akan dijelaskan tentang GameSalad beserta kegunaan dan kelebihannya. Tidak berbeda dengan konstruk2, GameSalad juga merupakan mesin game yang cocok untuk pemula yang belum berpengalaman.

Aplikasi pembuatan game ini merupakan aplikasi pembuatan game bebas coding terbaik. GameSalad memiliki dukungan keluaran termasuk iOS, Android, dan HTML5.

Keuntungan dari GameSalad ini adalah banyaknya atribut pemrograman tanpa memiliki kode. Melalui atribut yang ada di aplikasi ini kamu bisa mengatur tingkah laku karakter game yang kamu buat dengan menggunakan metode drag-and-drop yang sangat sederhana.

Selain itu, GameSalad juga memiliki fitur unggulan yaitu Monetization-nya, dimana dengan menggunakan fitur ini kamu bisa berperan sebagai pengembang game untuk meningkatkan pendapatan melalui iklan dan In-App Purchase.

GameSalad juga sangat cocok digunakan sebagai platform pembelajaran konsep pemrograman game, desain game, dan lain sebagainya karena memiliki banyak kemudahan. Bahkan GameSalad banyak digunakan oleh ribuan programmer yang merilis game di platform seluler secara mandiri.

Segera buat game kamu menggunakan aplikasi GameSalad, di mana banyak sekali kelebihan dari aplikasi ini yang bisa kamu nikmati. Selain itu cara penggunaannya juga mudah dan sangat bermanfaat untuk anda.

3. Unity

Unity

Apa itu Unity? Aplikasi pembuat game di Android ini sudah terkenal. Berikut akan dijelaskan tentang Unity beserta berbagai kegunaan dan kelebihannya.

Aplikasi ini memang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, terutama di kalangan developer game. Bagi kamu para developer game pasti sudah sangat familiar dengan Unity, karena dengan menggunakan Unity kamu bisa dengan mudah membuat game berbasis 2D dan 3D.

Tidak hanya terkenal di kalangan developer game Android, aplikasi ini juga sangat populer di kalangan pengguna PC, PS4, XBOX One, dan Wii U. Perlu kalian ketahui bahwa banyak game top yang dibuat dengan menggunakan Unity, seperti Crossy Road dan Monument Valley: Forgotten Shores.

Untuk kamu yang ingin membuat game melalui Unity bisa mulai menggunakan versi personalnya. Ada banyak sekali fitur Unity unggulan yang bisa Anda gunakan. Anda juga tidak perlu khawatir karena menggunakan Unity gratis.

Segera buat game kamu di Unity dengan membuka link resmi dari Unity yaitu unity3d.com. Pastinya kamu bisa membuat game dengan mudah tanpa kesulitan.

4. Godot Game Engine

Apa itu Godot Game Engine? Berikut ini akan dijelaskan tentang Godot Game Engine dan beberapa kegunaan serta kelebihan dari Godot Game Engine sebagai aplikasi pembuat game.

Godot Game Engine juga merupakan aplikasi game yang mendukung pembuatan game 2D dan 3D yang menawarkan performa lebih baik, lebih sedikit bug, dan alur kerja yang bersih.

Pengembangan game pada aplikasi Godot Game Engine juga menggunakan sistem drag-and-drop. Namun, Anda dapat menambahkan bahasa Python atau bahasa GDScript ke game yang Anda buat.

Sangat mudah bukan membuat game di Godot Game Engine? Anda dapat langsung membuka tautan di Godot Game Engine. Melalui link ini kamu bisa langsung membuat atau membuat game sendiri dengan cara yang sangat mudah.

5. Construct 2

Mungkin bagi pemula nama Construct2 masih sangat asing di telinga. Namun, aplikasi ini memiliki banyak kelebihan yang dapat membantu Anda dalam membuat atau membuat game sendiri.

Berikut ini akan dijelaskan aplikasi Construct 2 beserta kegunaan dan kelebihannya dalam pembuatan game.

Game apa yang dapat Anda buat menggunakan aplikasi Construct 2? Ya, jika Anda ingin membuat game yang menyenangkan tetapi dengan cara yang mudah maka aplikasi ini sangat cocok.

Aplikasi Construct 2 bisa dikatakan sebagai aplikasi terbaik untuk membuat game bagi kamu yang belum pernah menulis coding. Aplikasi ini khusus digunakan untuk membuat game 2D, seperti puzzle, platformer, shooters.

Objek dan perilaku di layar dapat diatur, intuitif dan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan GUI yang cukup bagus. Untuk membuat game dalam konstruk 2 anda hanya perlu melakukan drag-and-drop dimana variabel dapat anda sesuaikan dengan mudah.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah secara komersil Anda dapat menggunakannya secara gratis. Namun jika Anda ingin membuatkan sebuah game untuk Anda jual, maka Anda harus membayar lisensinya sesuai dengan keuntungan yang Anda dapatkan.

Selain itu, Anda juga dapat menerbitkan game Anda dalam berbagai versi, termasuk HTML5, Windows Store, Facebook, Chrome Web Store. Nah, jika Anda membeli versi berbayar, Anda bisa mengekspor ke iOS, Mac, Windows, Linux, dan sebagainya.

Banyak sekali kelebihan dari aplikasi ini? Ya, Anda tidak perlu ragu menggunakan aplikasi ini sebagai alat untuk membuat atau membuat game sendiri dengan mudah.

6. Buildbox

Buildbox ini hampir sama dengan aplikasi di atas, tetapi Buildbox memiliki keunggulan yang sangat unik. Apa kelebihan aplikasi pembuat game di Android ini yang membedakannya dengan aplikasi lain? Ya, aplikasi ini memiliki antarmuka yang sangat intuitif, yang membuat desain yang ditampilkan sangat menarik.

Hampir sama saja Buildbox juga memperhatikan programmer pemula sehingga menggunakan sistem drag and drop yang memudahkan programmer pemula untuk membuat game tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman yang sangat rumit.

Menggunakan seret dan lepas juga dapat memperjelas aliran pemasangan aset ke dalam game yang Anda buat. Melalui program ini Anda dapat membuat berbagai macam game 2D yang memiliki kategori genre yang beragam.

Selain itu, Buildbox juga dapat digunakan untuk merakit gameplay yang sangat unik yang dapat diedit dan dirakit serta digabungkan dalam berbagai preset yang disediakan oleh Buildbox.

Banyak sekali kelebihan dari Buildbox, namun selain itu Anda juga mendapatkan akses ke galeri untuk memilih berbagai macam gambar, musik, efek gambar, efek suara, dan lain sebagainya untuk menunjang pembuatan game Anda.

Bagaimana? Mudah kan? Ya, membuat atau membuat game menggunakan Buildbox sangat mudah dan dilengkapi dengan fasilitas unik untuk mendukung pembuatan game Anda.

7. Stencyl

Apa itu Stencyl? Stasiun ini sudah ada sejak lama dan selalu berkembang dari tahun ke tahun. Perlu Anda ketahui bahwa Stencyl pada awalnya merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat game dalam format Flash yang sempat populer di tahun 2000-an, namun terancam punah karena adanya HTML5.

Namun aplikasi ini masih digunakan oleh programmer sebagai platform. Programmer menggunakan aplikasi ini untuk membuat karya sederhana tanpa harus menggunakan kode yang rumit.

Output yang dihasilkan dari Stencyl adalah game yang Anda buat yang dapat diexport ke iOS dan Android. Selain itu, game Anda juga bisa diexport ke desktop yang ringan karena sudah support Adobe AIR.

Apakah Anda masih asing dengan Stencyl? Tentunya Stencyl memiliki banyak kelebihan yang bisa kamu jadikan sebagai aplikasi pembuat game di Android ataupun iOS.

8. Gdevelop

Ingin membuat game sederhana? Ya, Anda benar sekali jika menggunakan aplikasi pembuat game ini di Android. Gdevelop adalah alat open source yang membantu Anda membuat game dengan lebih sederhana.

Aplikasi ini mudah digunakan dan sangat unik, memiliki fitur unggulan yaitu Events yang digunakan sebagai panel khusus untuk menampilkan game yang Anda buat secara real time dan tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman yang begitu rumit.

Sama dengan aplikasi di atas, Gdevelop tersebut juga sangat fleksibel karena Anda dapat memilih platform dari game yang Anda buat. Beberapa platform untuk dipilih termasuk HTML5, Android, dan iOS.

Segera buat game kamu menggunakan aplikasi Gdevelop, karena mudah dan memiliki fitur unik yang memungkinkan kamu membuat kreasi game kamu lebih menarik.

9. Clickteam Fusion 2.5

Clickteam Fusion 2.5 juga merupakan aplikasi pembuat game di Android dalam format 2D dan 3D yang menggunakan sistem drag and drop. Aplikasi ini memiliki fitur editor yaitu frame by frame event yang biasanya digunakan untuk membuat animasi pada aplikasi adobe flash.

Clickteam Fusion 2.5 telah banyak digunakan untuk membuat game komersial terkenal, termasuk The Escapists, Angry Video Game Nerd Andventures, Five Nights at Freddy’s, dan masih banyak lagi.

Selain kelebihan yang dijelaskan di atas, perlu kita ketahui bahwa aplikasi ini juga memiliki versi gratis. Anda dapat menggunakan aplikasi dengan versi gratis tetapi fitur yang disediakan cukup terbatas. Ayo coba aplikasi ini untuk membuat game Anda.

10. Unreal Engine 4

Jika aplikasi yang dijelaskan di atas bisa digunakan oleh pemula, maka aplikasi pembuat game di Android ini sepertinya tidak bisa digunakan oleh pemula. Karena Unreal Engine 4 merupakan aplikasi yang biasa digunakan oleh programmer berpengalaman.

Namun bagi anda yang pemula tidak perlu khawatir dengan pernyataan diatas, karena bagi anda pemula juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat game. Karena sebenarnya aplikasi ini juga tidak terlalu sulit. Seorang programmer berpengalaman juga terlahir dari seorang amatir.

Bagi anda yang baru mencoba menggunakan Unrel Engine 4 tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak sekali tutorial menggunakan Unreal Engine 4. Jadi siapapun bisa menggunakan Unreal Engine 4 jika ingin mencoba dan belajar.

Banyak sekali kelebihan Unreal Engine 4 yang akan Anda dapatkan. Selain membuat game, Unreal Engine 4 juga dapat digunakan untuk membuat virtual reality, edukasi, film, dan arsitektur.

Jika anda tertarik untuk membuat game dari Unreal Engine 4, maka anda bisa langsung membuka link dari Unreal Engine 4.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Aplikasi Pembuat Game yang dapat membantu Anda saat akan membuat sebuah game Android milik Anda sendiri.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.

Baca Juga:

sururon
Urip kuwi gawe rileks wae. Kerjo, yo mangan, yo turu, yo ibadah, yo seneng-seneng sambil online youtube, ig, facebook, karo ngeblog 😀😀😀