7 Aplikasi Remote PC Gratis dan Aman untuk Akses Jarak Jauh

Aplikasi Remote PC adalah fitur yang tersedia di Komputer Windows untuk mengontrol Komputer dari jarak jauh untuk berbagai keperluan. Fitur remote PC ini juga membuat pekerjaan menjadi lebih mudah karena dapat diakses dari mana saja selama terhubung dengan jaringan internet.

Aplikasi remote PC ini sangat berguna untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk remote menggunakan komputer, bahkan antar negara. Remote Komputer ini memungkinkan Anda untuk mengontrol mouse dan keyboard dari Komputer target yang terhubung dari lokasi yang berbeda.

Untuk dapat melakukan remote PC, Anda perlu menginstal software tambahan pada komputer remote dan komputer Anda sendiri. Jika semuanya ada, tinggal colok saja. Saat ini kebanyakan dari kita semua hanya mengenal TeamViewer sebagai salah satu aplikasi remote Komputer yang paling terkenal.

Namun tahukah Anda bahwa masih banyak jenis aplikasi remote PC yang bisa Anda gunakan dan fitur-fiturnya yang lebih menarik. Apakah mereka? silakan lihat daftar aplikasi PC jarak jauh berikut.

Memahami Apa itu Aplikasi Remote PC

Aplikasi Remote PC Gratis

Perangkat lunak atau aplikasi akses jarak jauh memungkinkan satu komputer untuk melihat atau mengontrol komputer lain, tidak hanya melalui jaringan, tetapi juga dari mana saja di dunia.

Anda dapat menggunakannya untuk masuk ke komputer pelanggan Anda dan menunjukkan kepada mereka cara menjalankan program, atau memecahkan masalah teknis mereka.

Selain itu Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mengundang teman atau klien untuk melihat desktop Anda saat Anda menjalankan demo untuk mereka.

Anda dapat menggunakan layar sebagai papan tulis sementara, menggambar garis dan lingkaran yang membantu teman atau klien memahami apa yang Anda lakukan di komputer atau mesin mereka.

Aplikasi akses jarak jauh juga memungkinkan Anda mentransfer file antara dua mesin tanpa menggunakan email atau layanan berbagi file. Anda juga dapat menggunakan akses jarak jauh untuk mencetak file yang disimpan di mesin orang lain pada printer yang terhubung ke mesin Anda sendiri.

Kerabat Anda yang paham teknologi dapat menggunakan perangkat lunak akses jarak jauh untuk memberi Anda akses ke mesin mereka sehingga Anda dapat memperbaiki kesalahan mereka atau menghapus malware.

Jauh lebih mudah untuk mengambil kemudi sendiri daripada mencoba dan berbicara dengan seseorang melalui proses pemecahan masalah PC mereka. Rekan Anda yang paham teknologi tinggi dapat menggunakannya untuk berkolaborasi dalam proyek kompleks secara real-time, lengkap dengan obrolan teks atau, dengan beberapa aplikasi dan suara.

Rekomendasi Aplikasi Remote PC Gratis

Aplikasi Remote PC Gratis dan Aman

Memilih aplikasi remote PC mungkin sedikit sulit bagi pemula. Tetapi inti dari PC jarak jauh adalah untuk dapat mengakses dan mengelola satu atau lebih komputer dari perangkat lain.

Akses jarak jauh dimungkinkan melalui jaringan lokal dan internet, yang berarti, dengan perangkat lunak yang tepat, siapa pun dapat mengakses perangkat apa pun, di mana pun di dunia. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan:

1. TeamViewer

Selanjutnya adalah aplikasi yang tersedia dalam versi premium dan gratis, TeamViewer adalah alat kolaborasi online yang cukup mengesankan yang digunakan untuk rapat virtual dan berbagi presentasi.

Menyediakan fitur seperti akses penuh waktu ke komputer dan server jarak jauh, ditambah pertemuan online dengan dukungan hingga 25 peserta, dan banyak fitur berguna lainnya. Selain itu, penyajiannya sangat mudah dan ramah pengguna.

Jika Anda seorang pebisnis yang berencana untuk mengadakan pertemuan atau sesi pelatihan online, TeamViewer bisa menjadi pilihan yang baik.

2. Microsoft Remote Desktop

Masih dengan aplikasi dasar, Microsoft Remote Desktop mirip dengan Chrome yang menawarkan fitur dasar yang nyaman jika Anda adalah tipe pengguna tertentu. Tetapi itu juga dilengkapi dengan sejumlah keterbatasan yang mungkin tidak menjadikannya pilihan terbaik untuk semua orang.

Dengan platform yang disediakan Microsoft secara gratis, Anda dapat mengakses PC Windows Anda dari jarak jauh dari komputer, ponsel, perangkat, dan Mac Windows lainnya.

Namun, Anda harus ingat bahwa Anda tidak dapat mengakses Mac Anda dari PC Windows. Dengan Microsoft Remote Desktop, Anda akan dapat bekerja dengan versi Windows apa pun yang dimulai dengan Windows 7 selama mereka menjalankan Enterprise, Ultimate, atau Professional.

Itu tidak memerlukan otorisasi untuk terhubung ke PC Anda sendiri, yang merupakan nilai tambah, tetapi juga tidak mendukung berbagi file atau menawarkan banyak pilihan dalam hal bantuan TI.

3. Chrome Remote Desktop

sebagai salah satu penawaran dasar untuk koneksi desktop jarak jauh gratis, tetapi aplikasi ini dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cukup nyaman. Satu-satunya persyaratan adalah bahwa komputer Anda (klien) dan komputer yang Anda masuki dari jarak jauh (host) harus memiliki Chrome.

Opsi ini berfungsi melalui ekstensi yang Anda pasang. Anda akan memberi diri Anda akses ke host dengan membuat PIN unik dan Anda dapat mengontrol host dengan masuk ke Chrome di sisi klien.

Sebagai nilai tambah, Anda dapat mengakses host meskipun Chrome tidak berjalan atau jika mereka tidak masuk ke akun mereka dengan fungsi yang agak terbatas.

Tidak ada opsi obrolan yang tersedia jika Anda perlu berkomunikasi dengan cepat dengan seseorang di sisi lain dan platform tidak mendukung berbagi file saat ini, jadi opsi ini lebih sesuai untuk pemula.

4. Splashtop

Dengan lebih dari 15 juta pengguna di seluruh dunia, Splashtop adalah salah satu alat desktop jarak jauh terbaik dalam rangkaian rekomendasi ini. Apa yang membuat alat jarak jauh ini berbeda dari yang lain adalah kecepatan refresh layar dan kemampuan streaming audio/video yang luar biasa.

Jika Anda terkait dengan industri pendidikan, ada versi khusus yang dapat menghidupkan kelas Anda dan ada opsi terpisah lainnya untuk penggunaan pribadi, bisnis, dan perusahaan.

5. Mikogo

Apakah Anda mencari alat desktop jarak jauh yang memungkinkan Anda berbagi desktop dengan sejumlah peserta dalam kualitas yang lebih tinggi? Jika ya, Mikogo adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Pergantian presenter, remote control, papan tulis, berbagi file, dan perekaman sesi adalah beberapa fitur luar biasa yang ditawarkan Mikogo kepada penggunanya. Jadi jika Anda mencari alat berbagi layar yang komprehensif, Mikogo layak untuk dicoba.

6. TightVNC

Virtual Network Computing (VNC), adalah sistem berbagi desktop grafis yang menggunakan protokol buffer frame jarak jauh untuk mengontrol komputer lain dari jarak jauh.

TightVNC menggunakan sistem ini untuk menyediakan layanan pemantauan desktop jarak jauh berkaliber tinggi. Dukungannya yang memadai untuk beberapa sistem operasi membuat alat desktop jarak jauh ini cukup populer di kalangan pengguna bisnis dan manajer TI.

Jika Anda mencari paket perangkat lunak remote control gratis, ini adalah salah satu opsi terbaik.

7. pcAnywhere

Sebuah produk dari merek keamanan internet terkenal Symantec, pcAnywhere memungkinkan Anda menggunakan komputer Anda untuk mengakses dan mengontrol PC lain dari jarak jauh.

Di sini Anda memungkinkan Anda untuk mengambil dokumen, melihat data yang diarsipkan dan bahkan memecahkan masalah yang berbeda dari jarak jauh melalui koneksi satu-ke-satu yang aman.

pcAnywhere sangat mudah digunakan dan mendukung berbagai sistem operasi dan platform termasuk Windows, Linux, Mac dan MS Pocket PC.

Baca Juga :

Kesimpulan dan Penutup

Menggunakan perangkat lunak akses jarak jauh itu sederhana. Biasanya tidak lebih dari beberapa menit untuk menyiapkan, dan Anda biasanya perlu menginstal perangkat lunak di komputer atau perangkat lain yang ingin Anda gunakan untuk mengakses komputer jarak jauh.

Banyak program juga perlu diinstal pada PC jarak jauh, sementara yang lain terhubung melalui tautan web atau kode sandi. Beberapa versi Windows dilengkapi dengan perangkat lunak desktop jarak jauh bawaan, tetapi alat pihak ketiga sering kali berkinerja jauh lebih baik dan hadir dengan fitur yang jauh lebih banyak.

Tentu saja ini bisa menjadi sangat penting jika Anda berencana untuk menggunakan perangkat lunak secara teratur. Ada beberapa kegunaan populer lainnya untuk perangkat lunak desktop jarak jauh terbaik.

Misalnya, Anda dapat menangani tugas-tugas kompleks dari laptop dengan menghubungkan dari jarak jauh ke komputer yang lebih canggih. Selain itu, staf pendukung TI secara teratur menggunakan program akses jarak jauh untuk mengontrol komputer klien dan menangani masalah apa pun.

About the Author: Medya Putra

/* */