Aplikasi Screenshot Android

Posted on

Malavida.co.id – Halloo.. Untuk sekarang ini setiap smartphone pasti sudah memiliki fitur screenshot bawaan. Tetapi jika HP Anda adalah tipa lama dan belum memiliki fitur ini, coba gunakan aplikasi screenshot Android.

Jika Anda pengguna PC atau Laptop, untuk melakukan screenshot Anda bisa membaca artikel kami tentang Cara Screenshot pada Komputer. Dan untuk Android, ada banyak aplikasi untuk melakukan screenshot.

Aplikasi Screenshot Android Untuk Menangkap Layar HP

aplikasi screenshot Android

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ada banyak sekali aplikasi screenshot untuk Android. Tetapi pada postingan ini kami akan memberikan 10 rekomendasi aplikasi screenshot terbaik untuk Anda.

1. Screen Master

Pertama adalah aplikasi Screen Master. Kenapa Malavida membuat aplikasi ini sebagai urutan pertama? Alasannya adalah karena aplikasi ini sangat ringan, jadi tidak akan membebankan memori pada Android Anda.

Aplikasi ini hanya berukuran sekitar 5MB. Meski ringan, aplikasi ini cukup bagus untuk menangkap layar. Screen Master menjamin Anda akan mendapatkan tangkapan layar dengan resolusi HD.

Tak hanya itu, Anda bahkan bisa menyimpan hasil screenshot langsung di memori eksternal HP Android. Ada tiga cara untuk mengambil screenshot, yaitu dengan tombol Floating, Shaking device, dan Web capture.

2. Screenshot Pro 2

screensho pro 2

Di posisi kedua ada Screenshot Pro 2, sayangnya aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Tetapi disamping itu, aplikasi ini sangat bagus untuk menangkap layar ponsel Android Anda.

Tapi kelbihannya adalah, karena aplikasi ini berbayar, tentunya Anda tidak akan merasa terganggu dengan iklan yang muncul seperti pada aplikasi gratis lainnya.

Selain itu, fiturnya pun cukup lengkap dengan hadirnya ikon floating, screenshot sekali klik, dan perekaman video di layar ponsel. Aplikasi ini dibanderol dengan harga Rp 14.000.

Baca juga: Aplikasi Wallpaper Terbaik

3. Screenshot Ultimate

screenshot ultimate

Di posisi ketiga adalah Screenshot Ultimate, karena adanya fitur Trigger. Saat gambar layar berhasil ditangkap, Anda akan ditawarkan berbagai fitur pengeditan untuk menyempurnakan gambar Anda.

Dimana Anda dapat mengedit gambar sesuka hati sebelum menyimpannya ke galeri. Screenshot Ultimate adalah aplikasi tanpa root yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

4. Screenshot – Capture Cepat

screenshot quick capture

Di posisi keempat adalah Screenshot Capture Cepat. Aplikasi ini mengklaim bisa menangkap gambar dengan mudah dan cepat dengan fitur kecepatan tingginya.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur crop pada screenshot. Nah, setelah Anda selesai mengambil screenshot, Anda bisa langsung memilih lokasi folder untuk menyimpan hasil screenshot.

5. Touchshot (Screenshot)

touchshot

Di posisi kelima adalah Touchshot (Screenshot). Aplikasi ini mampu mengambil screenshot atau menangkap layar hanya dengan 3 jari. Anda hanya perlu masuk ke aplikasi dan memilih fitur yang Anda inginkan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur foloating widget yang akan menampilkan opsi screen capture dan juga record. Jadi selain screenshot Anda juga dapat record aktifitas dalam layar Android Anda.

6. Screenshot Touch

screenshot touch

Di posisi ke enam adalah Screenshot Touch, aplikasi ini akan secara otomatis menangkap layar hanya dengan sekali sentuh. Tetapi juga memiliki fitur screenshot dengan bermacam cara.

Selain menyentuh layar, terdapat fitur-fitur seperti area notifikasi dan juga dengan menggoyangkan posel Anda. Tak hanya screenshot, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk merekam video layar.

Baca juga: Aplikasi Karaoke Terbaik 2020

7. Screenshot Capture Recorder

Di posisi ketujuh adalah Screenshot Capture Recorder, di aplikasi screenshot Android ini, Anda dapat menyesuaikan metode penangkapan layar yang paling nyaman bagi Anda.

Misalnya saat Anda memotret layar smartphone, Anda bisa dengan menggoyangkan HP Anda (shake) atau dengan suara (play sound). Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Fitur yang ditawarkan aplikasi ini terbilang standar. Namun hal ini cukup berguna bagi Anda yang ingin sedikit modifikasi saat melakukan pengambilan gambar di layar HP Android.

8. Screenshot X – Screen Grabber

screenshot x

Selanjutnya, di posisi kedelapan adalah Screenshot X, Aplikasi ini juga cukup bagus untuk mengambil screenshot. Anda hanya perlu mengklik sekali dan Anda bisa langsung mendapatkan tangkapan layar.

Nah, setelah Anda mengambil screenshot, barulah Anda bisa mengirimkan hasil screenshot tersebut ke media sosial atau email. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi membuka aplikasi media sosial untuk mengirimkan screenshot.

9. Screenshot – Geeks.Lab.2015

screenshot geek lab

Di posisi kesembilan adalah aplikasi Screenshot dari Geeks.Lab.2015. Aplikasi ini menawarkan sejumlah kemudahan dengan berbagai fitur yang dibangun ke dalam aplikasi.

Selain bisa mengambil screenshot dengan mudah, Anda juga bisa menikmati fasilitas direct editing. Dimana Anda dapat langsung mengedit gambar setelah melakukan screenshot.

10. Droid Screenshot Free

droid screenshot

Nah, yang terakhir adalah Droid Screenshot Free, aplikasi ini gratis tetapi menawarkan fitur mengambil tampilan layar pada perangkat Anda secara real time.

Dan tidak hanya itu, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menambahkan teks, mengatur gambar, dan pengeditan lainnya pada screenshot yang telah diambil.

Keunggulan lain yang coba ditawarkan oleh aplikasi screenshot Android ini adalah kemampuannya untuk membagikan gambar langsung media sosial atau aplikasi chat secara langsung dari dalam aplikasi.

Baca juga: Aplikasi Text Editor

Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi Screenshot Android yang bisa Anda gunakan untuk menangkap layar HP Anda. Tidak hanya itu, ada beberapa aplikasi di atas yang mampu merekam layar Anda dalam bentuk video. Semoga bermanfaat.

Mezzi Fernandes
Kita dapat mengubah hidup kita. Kita dapat melakukannya, memiliki, dan menjadi apa yang kita inginkan