Aplikasi Text Editor

7 min read

Malavida.co.id – Apa sajakah Aplikasi Text Editor? Dalam dunia pengkodean, itu tidak dapat dipisahkan dari nama Text Editor.

Apapun bahasa pemrograman yang ditulis apakah itu PHP, C ++, Ruby, Java, dan lainnya, ia harus menggunakan editor teks atau IDE (Integrated Development Environment).

Dengan alat dan fitur yang ditemukan di editor teks, proses pembuatan aplikasi akan lebih mudah dan lebih cepat.

Kali ini penulis akan meninjau beberapa editor teks terbaik yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Karena ada beberapa editor teks yang cocok untuk pengembang berpengalaman, dan ada juga editor teks yang sangat mudah direkomendasikan untuk pemula yang hanya ingin belajar coding.

Apa itu Text Editor?

Aplikasi Text Editor Terbaik untuk Programmer dan Para Pemula

Text Editor teks adalah aplikasi yang biasa digunakan oleh programmer untuk menyusun kode program sehingga menjadi aplikasi baru.

Bagi Anda pengguna Windows mungkin telah membuka aplikasi Notepad. Aplikasi adalah contoh editor teks yang ada saat ini. Di bagian pembuka, kami membahas sedikit tentang pentingnya editor teks.

Ya, editor teks adalah bagian penting dari programmer. Bahkan dapat dikatakan bahwa editor teks adalah senjata utama programmer untuk membangun aplikasi.

Selain itu, pengkodean (mengkompilasi garis kode) adalah bagian yang tidak pernah lepas dari pekerjaan seorang programmer.

Ada banyak opsi editor teks. Mulai dari editor teks dengan fitur sederhana hingga editor teks dengan fitur yang sangat lengkap dengan berbagai plugin tambahan yang tersedia.

Namun, Anda tidak dapat memilih editor teks berdasarkan fitur saja. Setidaknya ada tiga faktor yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih editor teks seperti persyaratan fitur, spesifikasi komputer yang digunakan, dan bahasa pemrograman yang digunakan.

Misalnya ketika Anda mengembangkan aplikasi menggunakan C # itu akan lebih kompatibel jika Anda menggunakan Visual Studio. Tetapi sekali lagi, itu juga tergantung pada kenyamanan setiap pengguna editor teks.

Jika Anda masih bingung, tentukan editor teks yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Di bawah ini adalah daftar editor teks terbaik saat ini.

Aplikasi Text Editor Terbaik

Ada berbagai jenis text editor yang populer saat ini. Diantaranya memiliki kelebihan fitur yang lengkap, ringan, atau dukungan dengan berbagai bahasa pemrograman dan integrasi dengan program lain.

Pada bagian ini, kita akan membahas editor teks, termasuk Atom dan Teks Sublim, yang mendukung berbagai sistem operasi. Ada juga Vim yang merupakan salah satu editor teks paling ringan di antara yang lainnya.

Berikut ini merupakan Aplikasi Text Editor yang bisa anda gunakan.

1. Aplikasi Text Editor Notepad ++

Aplikasi Text Editor Notepad ++

Aplikasi Text Editor yaitu Notepad++. Siapa yang tidak kenal Notepad? text editor yang populer saat ini.

Diantaranya memiliki kelebihan fitur yang lengkap, ringan, atau dukungan dengan berbagai bahdefault Windows sering digunakan untuk membuat file txt atau mengetik catatan dengan ringan.

Sedangkan Notepad ++ adalah pengembangan dari Notepad default Windows. Notepad ++ menyediakan fitur tambahan yang lebih modern dan canggih.

Notepad hanya menggunakan tampilan menu sederhana dengan latar belakang putih, sedangkan di Notepad ++ Anda akan melihat banyak pilihan menu dan ikon.

Anda dapat melakukan banyak hal menggunakan Notepad ++. Aplikasi ini dapat membaca berbagai bahasa pemrograman. Menu plugin juga tersedia untuk menambahkan fitur.

Notepad ++ menggunakan tampilan jendela tab. Fitur ini akan sangat berguna ketika Anda membuka beberapa file sekaligus.

Ada juga tampilan pengaturan file yang sedang Anda buka sehingga memberikan informasi tentang posisi file dalam folder kerja.

Selain fitur di atas, fitur lain yang cukup berguna adalah pintasan kustomisasi, pemendek teks, perekaman makro, pelengkapan otomatis, dan banyak lagi.

Bagi Anda yang membutuhkan editor teks ringan dengan kebutuhan terbatas, Notepad ++ adalah pilihan yang tepat. Bagaimana dengan lisensi? Tenang, Notepad ++ dapat Anda gunakan secara gratis.

Anda dapat langsung mengakses halaman Notepad ++ untuk mencobanya langsung.

2. Visual Code Studio

Visual Code adalah editor teks yang gratis dan kuat. Anda juga pasti menyukainya. Kode Visual ini menyediakan fitur yang dapat melengkapi baris kode yang Anda tulis secara otomatis.

Selain itu, ada banyak fitur tambahan yang bisa membuat Anda nyaman menggunakannya. Anda dapat menyembunyikan menu dan ikon dengan menggunakan mode Zen.

Mode ini mendukung Anda untuk tetap fokus pada aplikasi yang sedang dikembangkan. Untuk bernavigasi antar fitur, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard yang juga tersedia secara lengkap dalam Kode Visual.

Menariknya, ada juga fitur integrasi dengan Git dan fitur debugging yang dapat membantu Anda memeriksa kesalahan dalam baris kode. Ini sangat ideal untuk programmer.

Meskipun pada awalnya lebih mendukung penggunaan bahasa pemrograman C #, Visual Code Studio juga dapat digunakan untuk bahasa pemrograman lain.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, tersedia versi gratis atau berbayar. Anda dapat langsung mengunjungi halaman Visual Code Studio untuk mendapatkan file instalasi.

3. Aplikasi Text Editor Sublime Text

Aplikasi Text Editor Sublime Text

Salah satu kelebihan Sublime Text adalah penampilannya yang dinamis. Ada juga beberapa tema yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Teks Sublime disertakan dalam editor teks yang mendukung berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux.

Jadi tidak masalah jika Anda bekerja mengembangkan aplikasi menggunakan beberapa sistem operasi yang berbeda.

Linux adalah sistem operasi yang paling kompatibel dengan Sublime Text, kinerjanya lebih maksimal dalam sistem operasi ini. Fungsi pencarian Teks Sublime dapat bekerja lebih optimal di Linux karena ada

Keuntungan lain dari Sublime Text adalah cepat dan dapat digunakan bahkan pada perangkat dengan sumber daya kecil. Sublime Text juga memungkinkan Anda untuk menambah fitur dengan menginstal plugin.

Anda dapat menginstal beberapa plugin jika Anda memiliki sumber daya yang cukup. Anda dapat menggunakan Sublime Text secara gratis dengan batas waktu.

Namun Sublime Text juga menyediakan fitur premium yang hanya dapat Anda gunakan jika Anda melakukan pembayaran. Harganya sekitar 70 dolar AS untuk mendapatkan lisensi penuh.

Anda dapat langsung membuka halaman utama Sublime Text untuk mendapatkan file instalasi.

4. Aplikasi Text Editor Komodo Edit

Selain Sublime Text, ada aplikasi lain yang cukup mirip, yaitu Komodo Edit. Keduanya memiliki fitur yang cukup lengkap dan juga dapat digunakan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS.

Sunting Komodo sudah ada sejak lama. Aplikasi ini secara resmi diperkenalkan pada 2007 ketika itu untuk melengkapi IDE berbayar Komodo ActiveState.

Bagaimana dukungan tingkat bahasa pemrograman? Jangan khawatir karena aplikasi ini juga mendukung bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti HTML, SQL, CSS, Python, PHP, Ruby, dan sebagainya.

Akses langsung ke halaman Komodo Edit GitHub untuk mencoba editor teks ini di sistem operasi yang Anda gunakan.

5. Bluefish

BlueFish adalah editor teks multi-platform yang juga dapat Anda gunakan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac OS, dan Linux. Meski begitu aplikasi ini lebih optimal di sistem operasi Linux.

Meskipun sangat ringan, Anda dapat menggunakan Bluefish untuk menangani ukuran file yang cukup besar secara berkala dan dapat mempertahankan kecepatan pemrosesan yang stabil.

Anda juga dapat memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di bilah alat dan tab menu, seperti pencarian, memformat garis kode, dan menambahkan tabel.

Ada juga fitur snippet yang dapat meningkatkan produktivitas.

6. Aplikasi Text Editor Atom

Aplikasi Text Editor Atom

Atom, editor teks open source terbaik yang tersedia saat ini. Aplikasi ini tersedia untuk Mac OS, Linux, dan Windows.

Kami juga menggunakan Atom untuk mengelola baris kode atau terkadang hanya untuk menulis beberapa catatan.

Atom ini tidak kalah elegan dari Teks Sublime. Selain penampilannya yang menarik dan desainnya yang elegan, aplikasi ini juga mendukung banyak bahasa.

Jika Anda ingin fitur tambahan, Anda bisa dengan mudah menambahkan sendiri dengan menu plugin yang disediakan.

Menu-menu yang ada di Atom termasuk teknologi berbasis web, fuzzy finder, proyek-lebar cepat, browser sistem file, tata bahasa TextMate, integrasi dengan Node.js, dan banyak keunggulan Atom dibandingkan dengan editor teks lainnya.

Atom sangat mudah untuk Anda instal. Cukup kunjungi halaman Atom untuk mengunduhnya.

Perlu dicatat bahwa begitu banyak fitur yang ditawarkan oleh editor ini, Anda perlu menyiapkan sumber daya yang cukup besar dibandingkan dengan editor teks lainnya.

7. Vim

Vim bisa dibilang editor teks yang cukup tahan lama. Aplikasi ini diperkenalkan pada tahun 1991 dan telah menjadi salah satu editor teks terbaik hingga saat ini.

Jika Anda adalah pengguna Linux, Anda harus terbiasa dengan aplikasi ini. Ya, Vim adalah editor teks Linux default yang sering berguna untuk membuka dan mengedit baris kode dalam file.

Tampilan Vim yang sangat sederhana (menggunakan CLI ‘Command Line Interface’) memang cukup membingungkan bagi pengguna baru. Tetapi berbicara tentang kecepatan, tidak ada pertanyaan tentang itu.

Vim adalah salah satu editor terbaik yang sangat ringan. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis dengan berbagai fitur. Vim didukung ribuan macam bahasa pemrograman, contohnya skrip bash, PHP dan C.

Vim juga memiliki catatan history edit yang bisa membantu untuk kembali ke awal ketika kesalahan terjadi.

Anda dapat memeriksa perangkat Vim yang sudah ada sebelumnya di perangkat menggunakan perintah “vim” di CLI (Terminal atau CMD).

Jika perangkat tidak diinstal, Anda dapat langsung mengunduh file instalasi di halaman Vim.

8. CoffeCup – Editor HTML

Editor teks canggih ini untuk koding dan manajemen desain web memiliki versi gratis dan premium. Banyak orang menyukai dan menggunakan CoffeCup karena kemudahannya dalam membuat dokumen HTML.

Jadi jika kita hanya mempelajari HTML atau bahkan pemrograman PHP editor teks ini bisa menjadi pilihan.

CoffeCup juga memiliki beberapa tema situs web responsif, sehingga sangat mudah dan mempercepat proses desain situs web.

9. Emacs

Emacs adalah editor teks yang cukup populer di kalangan pengguna Linux di seluruh dunia. Aplikasi ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1976 oleh Proyek GNU yang didirikan oleh Richard Stallman.

Emacs ditulis menggunakan Lisp dan bahasa pemrograman C. Terlepas dari keterbatasan ini, Emacs memiliki sejumlah fitur seperti debugger, email, dan tampilan berita.

Uniknya di aplikasi ini ada file manager yang bisa Anda gunakan untuk memainkan tetris. Selain itu, Emacs juga mendukung Subversi, bzr, git, hg, dan lainnya.

Anda dapat langsung mengunjungi halaman Emacs untuk mengunduh file instalasi.

10. TextMate

TextMate adalah editor teks yang dapat digunakan di MacOS. Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Ada juga versi berbayar $ 59 untuk satu lisensi saja.

TexMate didukung semua jenis bahasa pemrograman. Misalnya editor teks lain, TextMate juga mempunyai alat canggih untuk memfasilitasi proses pengkodean.

Jika Anda memakai Mac dan mau memakai editor teks yang didukung semua jenis bahasa program, jadi TextMate dapat Anda pilih.

11. BBEdit

Seperti Coda, editor Teks BBEdit hanya dapat digunakan pada Mac. Fitur-fiturnya cukup canggih dengan UI yang pastinya ramah. Fitur unggulan editor teks ini adalah integrasi dengan Git dan Pelengkapan otomatis.

12. Geany

Jika Windows memiliki Notepad ++, Linux memiliki Geany. Ini adalah editor teks alternatif yang dimiliki oleh Linux.

Geany adalah editor teks ringan, mirip dengan Notepad ++. Geany hanya membutuhkan pustaka runtime GTK + untuk dapat dijalankan.

Meski ringan, ada sejumlah fitur Geany yang bisa Anda gunakan. Beberapa di antaranya adalah penyorotan sintaksis, pelipatan kode, pemrograman pelengkapan otomatis, navigasi kode, dan banyak lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti C, Java, PHP, HTML, Python, dan lainnya. Buka langsung ke halaman Geany untuk mendapatkan file instalasi.

13. Ultraedit

Ultraedit adalah editor teks yang kuat dan dapat digunakan untuk menulis berbagai bahasa pemrograman, dari PHP, Javascript, dan lainnya. Editor teks ini memiliki fitur yang kaya seperti:

  • Pelengkapan otomatis
  • Add ons
  • Templat
  • Debugging
  • Jalan pintas
  • Pratinjau langsung

14. Coda

Editor teks terbaik berikutnya adalah Coda. Editor teks ini hanya dapat digunakan pada MacOS.

Coda memiliki antarmuka pengguna yang paling indah daripada editor teks lainnya dan ini adalah yang diperbarui secara teratur.

Seperti editor teks Atom dan Teks Sublime, Coda juga mempunyai repositori plugin yang lumayan viral dan siapa pun dapat bersumbangsih. Coda mempunyai fitur dasar contohnya:

  • Sorotan kode
  • Pelengkapan otomatis

Untuk menggunakan Coda kita harus membayar biaya $ 99. Tentu saja, sebanding dengan apa yang didapat, yaitu dukungan pelanggan, ebook gratis, dan dukungan lainnya.

15. Brackets

Salah satu keunggulan dari kurung adalah penampilannya yang bersih dan modern. Selain itu, kurung juga mendukung berbagai sistem operasi seperti Mac OS, Windows, dan Linux.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur menarik seperti highlighting, berbagai cara pintas keyboard, dan mode tanpa gangguan. Ada juga layar terbagi untuk mengedit beberapa dokumen sekaligus.

Live Preview juga adalah fitur unggulan pada Brackets. Anda bisa melihat langsung hasil HTML/CSS terbaru memakai browser web default.

Area ‘file kerja’ dapat membuka semua file dalam satu proyek tunggal. Anda juga dapat mengubah tampilan Kurung dari mode gelap ke terang, dan sebaliknya.

Atau, Anda bisa mendapatkan tema tambahan dari pengelola ekstensi.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai 15 Aplikasi Text Editor Terbaik untuk Programmer dan Para Pemula, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa itu Text Editor?

Text Editor teks adalah aplikasi yang biasa digunakan oleh programmer untuk menyusun kode program sehingga menjadi aplikasi baru.

Apa Itu Notepad++?

Notepad ++ adalah pengembangan dari Notepad default Windows.

Apa Itu Ultraedit?

Ultraedit adalah editor teks yang kuat dan dapat digunakan untuk menulis berbagai bahasa pemrograman, dari PHP, Javascript, dan lainnya.

SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel, Semoga Menyenangkan Jangan Lupa Jaga Kesehatan, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]