Cara Daftar Kartu Prakerja

Posted on

Malavida.co.id – Bagaimana Cara Daftar Kartu Prakerja? Pendaftaran untuk Kartu Pra-Kerja akan dibuka mulai April 2020. Ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Kartu Pra-Kerja ini dapat diperoleh dengan mendaftar secara online. Sistem online dipilih sehingga tidak ada duplikat atau pendaftar dengan dua kartu.

Kartu ini adalah bentuk bantuan dalam bentuk biaya pelatihan untuk orang Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilan mereka.

Dikutip dari Prakerja.go.id, Kartu Pra-Kerja tidak hanya untuk mereka yang mencari pekerjaan, tetapi juga untuk pekerja, dan karyawan atau semua warga negara Indonesia yang memiliki usia 18 tahun ke atas dan tidak di sekolah atau perguruan tinggi.

Cara mendaftar untuk Kartu Pra-Kerja dapat melalui portal https://www.prakerja.go.id/. Sebelum mendaftarkan Kartu Pra Kerja, Anda harus terlebih dahulu membuat akun.

Mendaftar untuk akun Kartu Pra-Kerja sangat mudah. Anda dapat menggunakan email aktif atau nomor ponsel Anda. Pendaftar harus mengisi data atau informasi di Situs dengan benar.

Selain itu, Anda harus menggunakan nama dan data pribadi Anda sesuai dengan Kartu Identitas Penduduk yang valid. Berikut adalah beberapa Syarat dan Manfaat dari mendaftar Program Kartu Pra-Kerja:

  • Program Kartu Ketenagakerjaan adalah program pelatihan yang didanai oleh pemerintah.
  • Semua orang berusia 18 tahun ke atas dan tidak menghadiri sekolah / perguruan tinggi dapat mendaftar.
  • Setelah pelatihan selesai, Anda akan menperoleh insentif dengan bentuk biaya setiap bulannya. Total yang diperoleh adalah Rp3.550.000 dalam bentuk biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, Insentif Pasca-Pelatihan sebesar Rp600Rb / Bulan untuk 4 Bulan, dan insentif survei ketenagakerjaan sebesar Rp150 RB
  • Informasi lengkap tentang syarat dan ketentuan dapat diperiksa di https://www.prakerja.go.id/terms-terms

Anda juga dapat melihat bahwa ada sejumlah mitra yang bekerja dengan Pemerintah Indonesia untuk program Kartu Pra-Pekerjaan termasuk Tokopedia, Keterampilan Akademi, Pintaria, Bukalapak, Kemenaker, dan lainnya.

Ada begitu banyak pilihan yang bisa dipilih nantinya bagi Panitera program Kartu Kerja untuk dapat meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan kemampuan dalam menghadapi dunia kerja.

Persyaratan untuk Mendaftarkan Kartu Prakerja Indonesia 2020

Cara Daftar Kartu Prakerja Secara Online dan Manfaatnya

Pendaftaran online untuk program Kartu Pekerja Indonesia 2020 akan dibuka pada bulan April meskipun pemerintah belum menetapkan tanggal yang pasti.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan dan melaporkan bahwa pelamar dapat mengunjungi halaman prakerja.go.id resmi untuk mendaftar dan mendapatkan informasi lebih lanjut.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar yang tertarik untuk mendapatkan Kartu Pra-Kerja ini adalah terlebih dahulu membuat akun di situs web https://www.prakerja.go.id/ dengan menggunakan surel aktif dan nomor seluler. Sedangkan persyaratan dasarnya adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang dapat dibuktikan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Berusia 18 tahun
  • Tidak di sekolah atau perguruan tinggi

Selain itu, Denni Purbasari, Direktur Eksekutif dari Manajemen Kartu Kerja, berkata bahwa “pekerja formal dan informal yang terkena dampak COVID-19 juga dapat mendaftarkan diri mulai minggu kedua April 2020”.

Kartu Pra-Kerja ini merupakan bantuan dari pemerintah untuk pembiyaan peningkatan keterampilan pekerja.

Setiap pelamar atau pelamar yang telah lulus seleksi dan mendapat atau memegang Kartu Pra-Kerja dapat langsung mengikuti berbagai kursus online untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerja mereka.

Dengan jumlah pendaftar yang besar ini, diharapkan mereka dapat meningkatkan dan meningkatkan perekonomian Indonesia yang saat ini lemah dan lesu.

Manfaat Mendaftarkan Kartu Pra-Kerja

Cara Daftar Kartu Prakerja Indonesia

Dengan mengeluarkan Kartu Pekerja 2020 awal April ini mengingat dampak besar pandemi korona terhadap perekonomian Indonesia, pemerintah berharap kartu ini akan memberikan manfaat dan solusi seperti:

  • Membantu mengurangi biaya training yang dibebankan oleh perusahaan dan pekerja.
  • Mampu meringankan biaya saat mencari informasi tentang pelatihan
  • Dorong keberhasilan seseorang dengan mengurangi ketidakcocokan
  • Menjadikan pelengkap pendidikan formal

Cara Daftar Kartu Prakerja Indonesia

Jika pelamar atau pendaftar telah memenuhi syarat dan ketentuan dasar di atas seperti memiliki akun yang telah diverifikasi dengan email aktif dan nomor telepon.

Maka langkah berikutnya iyalah mendaftar untuk memperoleh bantuan dan Kartu Pra-Kerja. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Akun Kartu Kerja yang valid dan valid di prakerja.go.id:

  • Buka halaman web prekerja.go.id
  • Masukkan email atau nomor ponsel Anda
  • Klik Daftar
  • Kemudian pilih metode verifikasi
  • Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim melalui atau melalui email atau SMS
  • Pendaftaran berhasil

Setelah pelamar berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri untuk memasuki program Kartu Pra-kerja dengan mengikuti metode di bawah ini:

  • Buka halaman prekerja.go.id
  • Masuk ke akun
  • Klik Daftar Kartu Pekerja
  • Isi formulir pendaftaran
  • Klik Berikutnya
  • Lakukan dan ikuti tes keterampilan dasar
  • Klik Selesai
  • Setelah menyelesaikan pendaftaran dan mengisi formulir dan menyelesaikan tes dasar, pemohon akan menerima pemberitahuan berikutnya di akun masing-masing.

Tes akan dilakukan secara langsung selama proses pendaftaran, sehingga para peserta harus dipersiapkan dengan baik sebelumnya baik dalam kesiapan untuk menjawab tes dan sinyal internet yang stabil.

Peserta yang telah diterima dalam program Kartu Kerja hanya untuk mereka yang telah lulus tes yang berjalan di situs web Kartu Kerja resmi dan mendapatkan kuota dari kumpulan yang dipilih peserta sebelumnya.

Seleksi atau batch juga memiliki periode dan kuota sendiri. Program Kartu Kerja akan menargetkan dan menangkap sekitar 5,6 juta peserta pada tahun 2020 saja.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi tetapi kuota penuh, peserta yang sama dapat mendaftar ulang dengan memilih dan mengikuti angkatan berikutnya.

Peserta yang perlu mendaftar ulang tidak perlu lagi memasukkan semua data mereka selama pendaftaran kedua karena data yang dimasukkan sebelumnya telah direkam secara otomatis.

Jika peserta tidak mendapatkan program yang mereka mau pada regristrasi pertama, tidak masalah jika mengulang dan mengikuti latihan pertama.

Peserta juga bisa memikirkan program lain untuk pilihan kedua atau ketiga.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Cara Daftar Kartu Prakerja Secara Online dan Manfaatnya, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa itu Kartu Pra-Kerja?

Kartu Prakerja merupakan bantuan pembiayaan pelatihan yang bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi kerja bagi penerima target yang memiliki usia 18 tahun atau lebih dan tidak di sekolah / perguruan tinggi.

Apakah Kartu Prakerja Memberi Gaji Pada Pengangguran?

Tidak. Kartu Pra-Kerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja. Jadi, jangan bayar pengangguran ya!

Siapa yang bisa mendapat manfaat dari Kartu Pra-Kerja?

Anda dapat mendaftar jika Anda adalah warga negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas dan tidak di sekolah / perguruan tinggi. Awalnya, program ini diprioritaskan untuk pengangguran muda.

sururon
Urip kuwi gawe rileks wae. Kerjo, yo mangan, yo turu, yo ibadah, yo seneng-seneng sambil online youtube, ig, facebook, karo ngeblog 😀😀😀