Cara Membuat Thumbnail YouTube

Posted on

Cara Membuat Thumbnail YouTube – Thumbnail YouTube terbukti menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan pemirsa video YouTube. Karena pada dasarnya thumbnail video Youtube yang menarik dapat membuat penonton YouTube membuka video tersebut.

Kali ini, Berakal akan memberikan cara untuk membuat thumbnail YouTube yang menarik tanpa harus memiliki keahlian desain dan pengeditan yang canggih.

Aplikasi Android untuk Membuat Thumbnail YouTube

Cara Membuat Thumbnail YouTube Via Aplikasi Android dan Situs Online

1. Editor Foto Inshot

Photo Editor adalah salah satu aplikasi paling populer yang membantu pengguna membuat foto yang menarik. Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menempelkan stiker, bingkai, dan objek menarik lainnya ke foto Anda.

Kebanyakan orang suka dengan aplikasi ini dikarenakan kemudahannya saat membuat meme dengan teks dan gambar yang sudah tersedia dalam aplikasi.

2. Picmonkey

Aplikasi Picmonke Android menyediakan banyak filter, overlay eksklusif, font, bingkai, dan alat kecantikan tambahan untuk pengguna yang berlangganan premium.

Efek eksklusif seperti ombre, zombify, font premium dan mirror mendapat banyak respon positif dari pengguna di seluruh dunia. Dengan Picmonkey Anda dapat dengan mudah mendesain kolase, mengedit foto yang berkesan, dan membuat gambar mini yang menarik untuk video YouTube.

3. Thumbnail Maker

Ya dari namanya saja sudah kita ketahui bahwa aplikasi android ini memiliki fungsi utama yaitu membuat thumbnail.

Sekarang, dibandingkan dengan 2 poin sebelumnya, Thumbnail Maker termasuk yang paling sederhana, tetapi Anda dapat menggunakan semua fiturnya secara gratis.

Bagi yang masih mencoba mengupload konten video di YouTube, Thumbnail Maker bisa menjadi teman yang bisa diandalkan.

4. Pixlr

Yang ini adalah versi aplikasi dari situs desain Pixlr yang cukup populer. Dengan Pixlr Anda bebas menambahkan overlay ke thumbnail.

Opsi filter bahkan lebih baik daripada versi online, karena dilengkapi dengan resolusi kelas atas.

Pixlr menyediakan sumber daya berkualitas dan gratis digunakan yang dapat membantu Anda membuat gambar mini YouTube baru. Penggunaannya praktis, cocok untuk pemakaian sehari-hari.

5. Insta Collage

Dari namanya kita tahu bahwa fungsi utama dari aplikasi ini adalah membuat kolase. Dengan Insta Collage, Anda dapat membuat kolase yang indah dalam waktu yang sangat singkat.

Pasalnya, alat ini dilengkapi fitur editing dan sharing yang mudah digunakan sehingga pengguna bisa menampilkannya di platform lain.

Insta Collage memberikan beragam efek yang bisa ditambahkan dalam foto ketika mendesain gambar mini, dan dinilai mempunyai kualitas dari hasil yang sangat baik.

Cara Membuat Thumbnail Gratis Secara Online

Cara Membuat Thumbnail Gratis Secara Online

1. Buka Situs Pembuat Gambar Thumbnail Gratis

Setidaknya ada 8 situs pembuat thumbnail YouTube gratis yang bisa Anda gunakan, namun pada tutorial berikut ini kita akan menggunakan situs FotoJet.

Karena FotoJet adalah satu-satunya situs pembuat thumbnail yang tidak mengharuskan Anda membuat akun terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya secara gratis.

2. Unggah foto atau pilih template

Anda dapat memasukkan foto atau tangkapan layar dari rekaman video Anda sebagai latar belakang gambar kecil.

Atau jika tidak, Anda juga dapat memilih dan menggunakan lebih dari 20 template yang tersedia secara gratis.

3. Tambahkan Teks dan pendukung lainnya

Setelah Anda memilih gambar atau template untuk dijadikan background thumbnail, kini Anda bisa menambahkan teks, clipart, atau elemen lain agar thumbnail Anda lebih menarik.

4. Unduh gambar

Setelah Anda selesai membuat thumbnail untuk video Anda, tekan tombol Save di bagian atas halaman untuk menyimpannya di komputer Anda. Jangan lupa beri nama file JPG atau PNG.

7 Situs Pembuat Thumbnail YouTube

Selain FotoJet, ada juga 7 situs pembuat thumbnail video lainnya.

  • Adobe Spark

Adobe Spark memungkinkan Anda untuk memilih dari ribuan foto dan berbagai tema built-in dengan tata letak tertentu, font, warna yang siap digunakan untuk membuat thumbnail video.

  • Canva

Dengan lebih dari 2 juta template, ratusan jenis font, serta latar belakang dan warna latar belakang yang dapat disesuaikan, Canva mampu menyediakan sumber daya yang cukup untuk mengekspresikan kreativitas Anda.

  • Fotor

Fotor menawarkan berbagai templat bertema untuk membantu Anda membuat gambar mini yang unik.

  • Snappa

Snappa memiliki lebih dari 500 ribu stok foto, beragam template, grafik, dan font yang dapat membantu memasukkan ide Anda ke dalam thumbnail.

Anda juga dapat membuat thumbnail kustom Anda sendiri dari awal tanpa menggunakan template apa pun.

  • Visme

Visme menyediakan banyak template gratis untuk thumbnail video YouTube Anda, Anda juga dapat mengubah foto, warna, dan jenis font yang digunakan.

  • Picmaker

Hadir dengan ratusan ribu template, ribuan foto, dan ratusan font, Picmaker dapat membantu Anda membuat thumbnail video YouTube.

  • Crello

Dengan menggunakan Crello, kamu bisa membuat thumbnail yang menarik dan berbeda dari video lainnya.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Cara Membuat Thumbnail YouTube baik lewat aplikasi maupun lewat sebuah situs online.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.

Baca Juga:

sururon
Urip kuwi gawe rileks wae. Kerjo, yo mangan, yo turu, yo ibadah, yo seneng-seneng sambil online youtube, ig, facebook, karo ngeblog 😀😀😀