Cara Memperkuat Sinyal Wifi

Posted on

Malavida.co.id – Bagaimana cara memperkuat sinyal wifi? Wifi adalah kebutuhan sehari-hari. Hampir semua tempat strategis harus menyediakan wifi. Apalagi jika Anda bisa menggunakan wifi gratis.

Rasanya seperti Anda memiliki kekayaan dadakan. Dengan menggunakan wifi Anda dapat menghemat kuota internet Anda dan dapat menggunakannya untuk hal-hal yang mendesak.

Terkadang ketika Anda berada di tempat yang memiliki wifi, Anda mendapat sinyal lemah. Ada banyak faktor yang menyebabkan wifi lemah.

Sekarang Anda tidak perlu rewel lagi jika ponsel pintar Android Anda tidak dapat menangkap sinyal dengan benar. Keepo memiliki 10 cara untuk mempercepat jaringan wifi untuk Android yang dapat Anda coba.

Penyebab WiFi Lambat

Cara Memperkuat Sinyal WiFi dan Penyebab WiFi Lemot

1. Kabel LAN Terputus

Masih pusing dengan internet lambat sampai tidak ada koneksi internet? Kemudian coba periksa kabel LAN yang ada di router WiFi.

Ada kemungkinan bahwa Anda telah menghubungkan kabel LAN secara tidak benar atau bahwa Anda belum menghubungkan kabel LAN untuk WiFi.

Namun, jika Anda tidak mengerti cara menghubungkan kabel LAN maka Anda harus segera menghubungi penyedia untuk meminta bantuan.

Jangan sampai Anda justru membuat router WiFi tidak berfungsi atau rusak karena kurang memahami cara menghubungkan kabel LAN.

2. Koneksi Internet yang Bermasalah

Sudah mengaktifkan jaringan WiFi tetapi masih lambat bahkan tidak mendapatkan koneksi internet? Coba periksa kecepatan internet.

Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, Anda bisa menghubungkan kabel Ethernet ke laptop / PC.

Cobalah online dengan kabel Ethernet dan periksa kecepatan internet online. Nah, jika kecepatannya masih masuk akal dan normal, mungkin Anda salah meletakkan posisi router WiFi.

Namun, jika Anda masih tidak dapat terhubung ke internet maka mungkin ada masalah dengan penyedia WiFi. Untuk masalah dengan penyedia, Anda jangan ragu untuk menghubungi penyedia.

3. Letak Router WiFi di Lantai

Seperti dikatakan sebelumnya, jika koneksi internet lancar ketika menggunakan kabel Ethernet maka Anda mungkin salah memasang router WiFi. Ya, salah satu tempat yang salah untuk router WiFi ada di lantai.

Mengapa? Router WiFi sama dengan antena di TV, jika Anda letakkan di posisi rendah maka sinyal yang didapat tidak akan maksimal. Karena itu, kami sarankan untuk tidak menempatkan router WiFi di lantai.

Karena, akan sulit bagi router WiFi untuk mendapatkan sinyal. Cobalah untuk menempatkan router WiFi di tempat yang tinggi. Misalnya, Anda bisa meletakkannya di atas meja atau kabinet.

4. Letak Router WiFi Terlalu Jauh

Router WiFi memiliki kapasitas jangkauan tertentu. Nah, jika Anda menempatkan router WiFi terlalu jauh maka kemungkinan Anda mengalami kesulitan mendapatkan koneksi internet.

Jadi, kami sarankan untuk menempatkan router WiFi di tempat yang strategis. Intinya, kami sarankan untuk meletakkan router WiFi di ruangan yang sering Anda tempati.

Misalnya, Anda lebih suka menjelajah internet di kamar Anda sehingga Anda dapat meletakkan router di kamar atau di dekat kamar Anda.

Jangan lupa juga titik sebelumnya untuk memposisikan router WiFi di atas. Jangan letakkan di tempat yang rendah seperti lantai.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Cara Memperkuat Sinyal WiFi

1. Pembaruan radio terbaru

Radio yang dimaksud bukan radio untuk mendengarkan informasi, tetapi konektivitas firmware pada perangkat Anda. Setiap pembaruan firmware baru akan membawa perbaikan internal.

Salah satu perbaikan itu adalah perbaikan radio atau dikenal sebagai baseband.

Baseband adalah struktur koneksi nirkabel di perangkat Anda seperti wifi, data, dan lainnya. Anda dapat melakukan pembaruan radio tentu saja harus kompatibel dengan perangkat Anda dan memerlukan alat resmi.

2. Lupakan koneksi lama

Ini berarti Anda harus menggunakan berbagai wifi di berbagai tempat. Anda dapat menghapus daftar wifi yang telah Anda gunakan sebelumnya.

Cara memasukkan ‘Pengaturan -> Wi-Fi -> Jaringan Tersimpan ketuk koneksi yang ingin Anda hapus lalu‘ lupa ’.

3. Gunakan aplikasi WiFi Booster & Analyzer

Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi WiFi Booster & Analyzer untuk memperkuat sinyal ponsel cerdas Anda.

Sejak pertama kali diluncurkan aplikasi telah mengalami banyak perubahan dan peningkatan signifikan yang memberikan fungsi untuk dapat membuat sinyal wifi tertangkap.

Jadi tunggu apalagi segera unduh aplikasi ini.

4. Ubah pengaturan dasar

Pengaturan dasar pada perangkat Android Anda cukup memengaruhi konektivitas wifi dan daya baterai.

Anda dapat menghindari koneksi wifi yang buruk dengan memasukkan ‘Pengaturan -> Wi-Fi-Advanced -> periksa hindari koneksi yang buruk’ lalu periksa.

Dengan begitu ponsel cerdas Anda akan mencari konektivitas wifi yang tersedia secara otomatis.

5. Gunakan Kernel Kustom

Jika ponsel cerdas Anda memiliki kernel khusus, Anda dapat menggunakannya sehingga penerimaan sinyal wifi untuk ponsel Anda dapat dimaksimalkan.

Anda dapat menemukan firmware khusus untuk perangkat Anda di forum XDA. Kernel kustom mempunyai banyak perbaikan, serta mempunyai tweak agar memperkuat sinyal ponsel, sinyal wifi, dan sebagainya.

6. Jauhkan dari perangkat elektronik lainnya

Beberapa perangkat elektronik lain seperti microwave juga bisa menjadi penyebab wifi lemah dan lambat saat digunakan. Maka Anda mesti menjauhkan semua perangkat elektronik pada router.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan router dual band sehingga Anda dapat memindahkan frekuensinya dengan mudah.

7. Gunakan ROM kustom

Cara mempercepat wifi untuk Android yang kemudian bisa Anda coba adalah dengan menyesuaikan ROM. Metode ini memiliki berbagai keunggulan.

Salah satunya adalah tampilan antarmuka ponsel Anda akan berubah dan selain itu ada juga beberapa fitur menarik pada custom ROM. Bahkan Anda juga bisa memodifikasinya sesuai keinginan Anda.

8. Simpan router wifi di tempat terbuka

Contoh faktor yang menjadi penentu kekuatan sinyal wifi iyalah lokasi router. Jadi pastikan Anda menempatkan router di tempat terbuka.

Rintangan seperti pintu, kaca, dinding, bisa menjadi gangguan besar terhadap aliran sinyal. Ruang tamu bisa menjadi tempat yang sangat strategis untuk menempatkan router.

9. Ubah pengaturan frekuensi wifi di Android menjadi 5 Ghz

Pada perangkat Android sebelumnya, frekuensi wifi yang digunakan adalah 2,4 Ghz. Sedangkan untuk saat ini mampu menerima frekuensi lebih tinggi yaitu 5 Ghz.

Ini berarti bahwa sinyal yang ditransmisikan akan lebih beragam. Pastikan model wifi Anda juga menggunakan frekuensi yang sama.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini: ‘Pengaturan -> Wi-Fi -> Tingkat Lanjut -> Pita frekuensi Wifi ‘lalu pilih‘ Otomatis ’. Ponsel Anda akan secara otomatis menggunakan frekuensi 5 Ghz.

10. Matikan modem secara berkala

Jika modem Anda digunakan terlalu lama, listrik yang mengalir pada komponen modem berlanjut. Ini akan menyebabkan suhu pada modem naik.

Ini akan menyebabkan noise pada sinyal karena mengirimkan sinyal terus menerus sampai panas.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Cara Memperkuat Sinyal WiFi dan Penyebab WiFi Lemot, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Penyebab WiFi Lambat?

1. Salah satunya yaitu karena Kabel LAN Terputus.
2. Koneksi Internet yang Bermasalah.
3. Letak Router WiFi di Lantai.
4. Letak Router WiFi Terlalu Jauh.

Cara Ubah Pengaturan Frekuensi?

Caranya yaitu Pengaturan -> Wi-Fi -> Tingkat Lanjut -> Pita frekuensi Wifi ‘lalu pilih‘ Otomatis ’.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi?

Diantaranya yaitu Pembaruan radio terbaru, Ubah pengaturan dasar, dll.

sururon
Urip kuwi gawe rileks wae. Kerjo, yo mangan, yo turu, yo ibadah, yo seneng-seneng sambil online youtube, ig, facebook, karo ngeblog 😀😀😀