Cara Mendapatkan Listrik Gratis

Posted on

Malavida.co.id – Pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi virus korona yang telah menyebar di 32 provinsi.

Salah satu kebijakan tersebut adalah token listrik gratis dan diskon biaya listrik PLN.

Kebijakan ini diharapkan dapat membantu kelas menengah ke bawah dari orang-orang yang mengalami kesulitan mendapatkan penghasilan selama wabah virus korona.

Dan mengikuti panggilan pemerintah untuk tinggal di rumah. Namun, tidak semua dari mereka akan mendapatkan token listrik gratis dan memangkas biaya.

Di tengah wabah korona pandemi atau COVID-10 yang melanda dunia dan melumpuhkan kegiatan sosial dan membuat kegiatan ekonomi juga lumpuh dengan memaksakan peraturan untuk bekerja dari rumah atau hanya tinggal di rumah menghindari kegiatan publik.

PT PLN Persero datang untuk menawarkan bantuan kepada pelanggan listrik prabayar dan pascabayar oleh masyarakat Indonesia.

Perusahaan pemasok listrik negara akan memberikan bantuan dengan memberikan pembayaran gratis atau gratis selama 3 bulan untuk 450 pengguna VA dan diskon 50 persen untuk mereka yang memiliki 900 VA.

Subsidi bantuan ini akan diberikan mulai April, Mei hingga Juni 2020. Untuk menperoleh bantuan listrik gratis ini.

Masyarakat cukup memasukan No ID pelanggan di situs web resmi PLN https://layanan.pln.co.id/ atau juga menghubungi nomor WhatsApp yang disediakan di 08122-123-123.

PLN sendiri mengatakan bahwa mereka telah mencatat sebanyak 8,5 juta pelanggan tetap yang telah mereka terima token listrik gratis.

Bantuan ini akan diberikan secara bertahap dengan 2,5 juta pelanggan masih menunggu untuk mendapatkan token gratis mereka. Pembaruan ini akan berlanjut selambat-lambatnya 11 April 2020.

I Made Suprateka sebagai Wakil Presiden Eksekutif Komunikasi Korporat dan CSR PLN menyatakan bahwa “8,5 juta pelanggan prabayar telah dimasukkan ke dalam data untuk mendapatkan token gratis atau diskon.

Saat ini layanan utama PLN adalah cara untuk mendapatkan token ini yang diarahkan melalui Situs web resmi PLN “.

Untuk kenyamanan pelanggan, PLN juga menambahkan kapasitas situs web resmi mereka hingga empat kali lebih baik dari sebelumnya.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN

listrik gratis pln

Mengikuti pernyataan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, subsidi tarif listrik tiga bulan gratis hanya ditujukan untuk 24 juta pelanggan dengan 450 VA listrik dalam kategori pascabayar dan prabayar.

Namun menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Rida Mulyana, menekankan bahwa mekanisme bantuan gratis tidak sama dengan 450 VA pascabayar dan prabayar.

Rida Mulyana melanjutkan bahwa “450 VA pelanggan dalam kategori reguler dan pascabayar masih dapat menggunakan kekuatan mereka secara gratis selama 3 bulan”.

Sedangkan 450 Va pelanggan yang berada dalam kategori prabayar akan mendapatkan listrik gratis selama 3 bulan dengan mendapatkan token gratis.

Ukuran besar token gratis akan setara dengan penggunaan tertinggi pelanggan dalam periode 3 bulan terakhir karena setiap pelanggan memiliki riwayat penggunaan yang berbeda.

PLN juga memiliki data catatan pelanggan yang akurat sehingga distribusi bantuan akan didistribusikan dengan benar nanti.

Lebih lanjut Rida Mulyana juga menjelaskan mekanisme distribusi diskon 50 persen kepada pelanggan dengan daya listrik 900 VA yang mencapai 7 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Pemilik tenaga listrik 900 VA juga akan dibantu dalam mengikuti atau membagi sesuai dengan metode pembayaran dan akan mendapatkan metode pembayaran yang sama dengan mereka yang memiliki tenaga listrik 450 VA.

Pelanggan listrik 900 VA pascabayar akan mendapatkan diskon 50 persen untuk biaya penggunaan dan biaya beban bulanan dan 900 VA prabayar akan mendapatkan token listrik gratis sebesar 50 persen dari penggunaan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Meski begitu, ternyata tidak semua pelanggan 900 VA bisa mendapatkan bantuan diskon ini.

Tingkat diskon 50 persen hanya akan diberikan kepada 900 VA pelanggan yang berada dalam kelompok kurang beruntung dan bukan mereka yang berada dalam kategori keluarga mampu.

Jadi jika Anda mengikuti peraturan ini, tentu saja hanya sebagian dari 900 VA pelanggan akan mendapatkan bantuan diskon.

Selain itu, 31 juta pengguna yang menerima bantuan adalah mereka yang memang telah menerima subsidi listrik dalam kategori 450 VA dan 950 VA dari keluarga miskin.

Untuk membantu pelanggannya, PT PLN sendiri telah mengumumkan dan menyediakan cara untuk mendapatkan bantuan bantuan biaya listrik khusus untuk pemilik listrik bersubsidi 450 VA dan 900 VA.

PLN merilis pernyataan resmi yang menyatakan bahwa bantuan ini akan diperoleh secara langsung gratis untuk 450 pelanggan listrik VA dalam kategori pascabayar mulai April, Mei dan Juni 2020.

Di situs web resmi PLN menulis “Untuk [prabayar [450 VA] pelanggan bisa mendapatkannya [tarif gratis] dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui situs web PLN pln.co.id.

Dengan No ID itu, masyarakat akan memperoleh token secara gratis senilai penggunaan tertinggi pada 3 bulan pemakaian terakhir “.

Sementara untuk daya listrik 900 VA yang disubsidi dalam kategori pascabayar dapat memperoleh potongan harga 50% secara otomatis pada bulan April, Mei dan Juni 2020.

Nilai total akun dari total biaya listrik dari 900 VA pemilik listrik bersubsidi dalam kategori pascabayar akan dikurangi secara otomatis setiap bulan hingga Juni 2020.

Untuk pelanggan listrik 900 VA yang disubsidi yang masuk dalam kategori prabayar, PLN akan menyediakan token listrik dengan diskon 50% sesuai dengan total nilai penggunaan bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Cara Mendapatkan Listrik Gratis dan Diskon 50% dari PLN Via Website

Cara Mendapatkan Listrik Gratis dan Diskon 50% dari PLN Via Website

Sekarang Anda perlu tahu bahwa Token Listrik Gratis hanya diberikan kepada pelanggan dengan Listrik 450VA dan Diskon 50% diberikan kepada pelanggan dengan Daya Listrik 900 VA.

Berikut adalah 2 cara untuk mendapatkan token listrik gratis untuk pelanggan listrik 450 VA dan token diskon 50 persen untuk pelanggan 900 VA yang disubsidi.

Cara mendapatkan token listrik gratis dan diskon 50 persen melalui situs web rems PT PLN Persero:

  • Buka situs web www.pln.co.id
  • Masuk ke menu pelanggan yang mengarah langsung ke opsi stimulus COVID-19
  • Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter
  • Token gratis yang disediakan khusus sesuai dengan kategori pelanggan akan ditampilkan pada layar
  • Selanjutnya pelanggan bisa menginputkan Token Gratis di dalam meteran listrik yang sesuai dengan No ID Pelanggan.

Untuk mengetahui status, kategori dan kelas tempat Anda berada, Anda dapat memeriksa status subsidi pada tagihan listrik Anda.

Pelanggan yang berada dalam kelompok 900 VA dapat mengetahui kelas subsidi atau non-subsidi pada tanda terima kertas atau token listrik yang telah mereka bayar sebelumnya.

Jika pelanggan yang menyediakan token listrik menemukan kode R1M yang tercantum pada tanda terima mereka.

Maka pelanggan tersebut termasuk dalam kategori pelanggan atau pelanggan non-subsidi dalam kategori keterjangkauan sehingga mereka yang termasuk dalam kategori ini tidak akan mendapatkan bantuan listrik gratis atau Diskon 50 persen.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Cara Mendapatkan Listrik Gratis Via Website Resmi PLN, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Kapan Bantuan Listrik Gratis Dapat Di Akses?

Subsidi bantuan ini akan diberikan mulai April, Mei hingga Juni 2020

Kriteria pelanggan Yang Mendapat Subsidi Listrik Gratis?

Untuk pelanggan Listrik PLN dengan daya 450VA akan mendapat listrik gratis sedangkan untuk pelanggan dengan daya 900VA mendapat potongan biaya 50%.

Bagaimana Cara Mendapat Token Listrik Gratis?

– Buka situs web www.pln.co.id
– Masuk ke menu pelanggan yang mengarah langsung ke opsi stimulus COVID-19
– Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter
– Token gratis yang disediakan khusus sesuai dengan kategori pelanggan akan ditampilkan pada layar
– Selanjutnya pelanggan bisa menginputkan Token Gratis di dalam meteran listrik yang sesuai dengan No ID Pelanggan.

sururon
Urip kuwi gawe rileks wae. Kerjo, yo mangan, yo turu, yo ibadah, yo seneng-seneng sambil online youtube, ig, facebook, karo ngeblog 😀😀😀