3 Cara Screenshot MacBook Tanpa Ribet dengan Mudah dan Cepat

Cara Screenshot MacBook – Bagi Anda pengguna MacBook tentunya akan merasa lebih eksklusif dibandingkan menggunakan laptop jenis lain, salah satunya karena sistem yang digunakan cukup berbeda. MacBook menggunakan MacOs dan laptop lainnya, biasanya menggunakan windows atau linux dan beberapa sistem pendukung yang setara.

Perbedaan ini juga membuat cara untuk menangkap layar atau screenshot di MacBook berbeda. Tips berikut dirangkum dari situs resmi pabrikan MacBook, Apple, Support.apple.com:

1. Tangkapan layar sebagian layar

Cara Screenshot MacBook

Jika Anda merasa tangkapan layar satu layar terlalu besar, Anda dapat mengambil tangkapan layar untuk sebagian layar. Caranya tekan tombol Shift, Command, serta tombol 4 dengan bersamaan. Selanjutnya kursor bisa berubah jadi kursor khusus untuk memilih area layar yang Anda inginkan.

Seret kursor ke area yang Anda inginkan, dan tekan tombol Esc (Escape) jika Anda ingin membatalkannya. Untuk mengambil tangkapan layar, lepaskan tombol mouse atau trackpad. Bila Anda melihat gambar mini di sudut layar, klik untuk mengedit tangkapan layar atau tunggu hingga tangkapan layar disimpan di desktop.

2. Tangkapan layar seluruh layar Macbook

Untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar, Anda dapat menekan dan menahan tombol Shift, Command, dan 3 secara bersamaan. Gambar akan muncul di sudut kanan layar. Klik gambar untuk mengedit atau tunggu tangkapan layar disimpan di desktop.

3. Tangkapan layar dari jendela atau menu yang sedang aktif

Untuk mengambil tangkapan layar dari jendela yang aktif, Anda perlu menekan dan menahan tombol Shift, Command, 4 dan Spacebar secara bersamaan. Buka jendela atau menu yang ingin Anda screenshot.

Tekan dan tahan tombol Shift, Command, 4, dan Spacebar secara bersamaan. Kursor akan berubah menjadi ikon kamera dan Anda dapat memilih jendela mana yang akan diambil layarnya.

Untuk membatalkan tangkapan layar, tekan Escape (Esc). Bila Anda melihat gambar mini pada sudut di layar, klik untuk bisa tangkap layar ataupun tunggu sampai sreenshoot tersimpan di desktop.

Baca Juga :

Itulah tiga cara screenshot di laptop Macbook. Anda dapat memilih ketiga metode tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa merasa bingung.

About the Author: Medya Putra

/* */