Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar

3 min read

Malavida.co.id – Apa bedanya Kartu Prabayar dan Pascabayar? Bagi pengguna smartphone atau bahkan ponsel biasa, tentu tidak asing dengan penggunaan kartu SIM.

Kartu ukuran kecil yang diletakkan di ponsel ini berfungsi untuk menyimpan kunci untuk mengidentifikasi layanan telekomunikasi. Dengan demikian, kartu SIM menjadi bagian penting dari komunikasi.

Sudah bukan rahasia lagi jika Anda dapat memilih dua jenis kartu SIM yang termasuk kartu prabayar dan pascabayar. Namun, banyak orang bingung tentang mana yang harus digunakan.

Sebenarnya, jika Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan kartu prabayar dan pascabayar, pilihannya akan menjadi lebih mudah.

Sebagai informasi awal, kartu pascabayar memungkinkan pelanggan untuk menggunakan kartu di muka untuk mendapatkan layanan komunikasi dan juga data dan pada akhir periode akan mendapatkan sejumlah tagihan sesuai dengan jumlah penggunaan.

Sementara kartu prabayar harus membayar biaya di muka untuk mendapatkan komunikasi dan layanan data agar dapat menggunakannya.

Perbedaan Kartu Prabayar & Pascabayar

Kartu Prabayar dan Pascabayar Perbedaan, Kelebihan Kekurangannya

Kartu Prabayar

  • Pembayaran dilakukan di muka dengan pengisian.
  • Memiliki masa aktif pulsa.
  • Harga pulsa lebih mahal dari pada pulsa nominal yang diperoleh, misalnya pulsa 5000 dijual dengan harga 6 hingga 7 ribu.
  • Lebih mudah mengendalikan pengeluaran karena anda membeli pulsa jika Anda punya uang.
  • Tidak ada nota detail penggunaan seperti ketika menggunakan Pascabayar.
  • Lebih cocok untuk seseorang dengan penggunaan yang tidak menentu setiap bulan atau berfluktuasi.
  • Anda tidak akan dapat menggunakan layanan dari operator ketika pulsa habis, seperti tidak bisa mengirim pesan teks, tidak bisa menelepon, dll.

Kartu Pascabayar

  • Pembayaran dilakukan kemudian sesuai dengan layanan apa yang telah digunakan.
  • Proses pembayaran cenderung lebih mudah karena dapat menggunakan sistem berlangganan atau istilah pembayaran.
  • Layanan selalu tersedia, dapat digunakan kapan saja tanpa jangka waktu pulsa atau kuota habis.
  • Biasanya cenderung lebih murah jika dihitung secara kumulatif jika dibandingkan dengan prabayar.
  • Akan lebih sulit mengendalikan pengeluaran, jika kenyamanan tagihan bisa membengkak.
  • Detail penggunaan detail (memorandum).
  • Cocok untuk seseorang atau perusahaan yang memiliki aktivitas penggunaan seluler tinggi dan relatif tetap setiap bulan.

Kelebihan & Kekurangan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Kelebihan & Kekurangan Kartu Prabayar dan Pascabayar

1. Pengisian Pulsa dan Kuota Data

Untuk penggunaan kartu prabayar dalam hal pengisian pulsa atau kuota, mereka dapat dibebankan dalam jumlah berapa pun dan kapan saja.

Bahkan, Anda memiliki opsi untuk mengisi ulang pulsa jika dana Anda terbatas.

Lain halnya dengan layanan pascabayar di mana Anda harus membayar terus menerus pada waktu yang ditentukan meskipun Anda tidak menggunakannya.

2. Pembayaran

Dalam hal pembayaran, kartu prabayar lebih unggul. Karena, lebih simpel dan praktis. Saat itulah Anda membutuhkannya, tentu saja Anda bisa langsung menuju konter untuk memilih beragam paket yang tersedia.

Sedangkan layanan pascabayar mengharuskan Anda membayar tagihan tepat waktu. Tentu ini lebih merepotkan.

Biasanya, ada sistem layanan pascabayar yang ditagih dalam periode waktu tertentu, umumnya dalam 30 hari. Jika Anda ingin cara pembayaran yang lebih sederhana, kartu prabayar disarankan.

Tapi, tentu saja, layanan pascabayar lebih unggul dalam hal tidak kehabisan pulsa. Anda tidak perlu khawatir ketika melakukan panggilan penting tetapi tiba-tiba Anda terputus karena pulsa telah habis.

3. Registrasi Kartu

Untuk mendaftarkan kartu prabayar, Anda hanya perlu menggunakan nomor identifikasi tempat tinggal Anda, nama asli, dan sebagainya. Bahkan, saat ini, ada juga sejumlah loket yang tidak membutuhkannya.

Bayar saja, terdaftar di konter, selesai! Anda dapat menggunakannya segera. Namun, jika Anda ingin menggunakan kartu pascabayar, maka pendaftarannya cukup rumit.

Banyak persyaratan yang harus dipenuhi agar Anda dapat menggunakan layanan ini. Persyaratan ini termasuk kartu identitas resmi dan berbagai prosedur pembayaran yang cukup rumit.

4. Harga Paket

Kelebihan dan kekurangan kartu prabayar dan pascabayar adalah masalah harga. Untuk layanan prabayar, jika dihitung, harganya akan lebih mahal daripada pascabayar.

Selain itu, penggunaan kartu pascabayar dianggap lebih transparan dan dapat diperiksa kapan saja.

5. Gangguan

Dalam banyak kasus, pengguna baru layanan kartu pascabayar mengeluh tentang panggilan masuk atau SMS dari berbagai agen, seperti dari real estat, bank, dan sebagainya.

Tentu saja, panggilan atau teks ini sangat menjengkelkan.

6. Jaringan

Banyak pihak mengklaim bahwa jaringan yang digunakan dalam layanan pascabayar dianggap lebih baik daripada layanan prabayar.

7. Pemilihan Nomor

Dengan memilih SIM pascabayar, Anda dapat memilih nomor yang Anda inginkan.

Selain membuat angka lebih mudah dihafal atau angka cantik, penggunaan SIM pascabayar memungkinkan Anda untuk memiliki jumlah angka yang lebih kecil. Ya, hanya sekitar 10 hingga 11 angka.

Namun, jika Anda memilih SIM prabayar, maka Anda harus memilih nomor sebagaimana tersedia di loket. Tentu saja, jika Anda beruntung, Anda akan menerima nomor acak.

8. Pilihan Paket

Rupanya, pilihan paket untuk kartu prabayar dan pascabayar berbeda-beda. Mulai dari paket telepon, paket data, hingga paket SMS cukup bervariasi.

Nah, keuntungan memilih kartu pascabayar dalam hal ini adalah Anda dapat mengurangi tagihan pada kartu SIM sehingga tidak melompat.

9. Risiko

Memiliki kartu pascabayar tampaknya lebih menyenangkan dan menguntungkan. Namun, ternyata memiliki risiko yang cukup besar.

Karena, jika ponsel Anda hilang tetapi tidak membuat laporan langsung, nomor tersebut masih dapat digunakan.

Jika demikian, tagihan penggunaan kartu akan tetap ditanggung oleh Anda meskipun Anda tidak menggunakannya sendiri.

Tidak seperti kartu prabayar, orang yang menggunakannya harus membeli sejumlah pulsa atau kuota data untuk menggunakan berbagai layanan.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Kartu Prabayar dan Pascabayar: Perbedaan, Kelebihan & Kekurangannya, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu Kartu Prabayar?

Kartu Prabayar adalah kartu yg dapat digunakan jika diisi dengan jumlah nominal pulsa atau paket data terlebih dahulu.

Apa Itu Kartu Pascabayar?

Kartu Pascabayar adalah Kartu untuk menggunakan layanan data di muka dan pada akhir periode akan dibebankan jumlah penggunaan sebelumnya.

Perbedaan Kartu Prabayar & Pascabayar?

Salah satunya yaitu kartu prabayar Pembayaran dilakukan di muka dengan pengisian. Sedangkan kartu pascabayar Pembayaran sesuai dengan layanan apa yang telah digunakan.

SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel, Semoga Menyenangkan Jangan Lupa Jaga Kesehatan, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]