Cara Menggunakan WhatsApp Web

Posted on

Malavida.co.id – WhatsApp atau yang biasa disingkat WA, merupakan salah satu media sosial untuk chatting yang memungkinkan pengguna untuk chatting dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya mengobrol, pengguna juga dapat mengirim berbagai video, foto, gambar, GIF, peta, dan bahkan lokasi langsung melalui fitur WhatsApp Live Location.

Tentu saja dengan waktu, fitur WhatsApp juga meningkat, terutama dengan WhatsApp Web untuk PC.

WhatsApp Web adalah salah satu cara termudah untuk menggunakan WhatsApp di komputer dan laptop mana pun di dunia, selama Anda memiliki ponsel untuk masuk atau masuk.

Setelah Anda mengatur WA Web pada PC Anda, tips dan trik yang diberikan oleh kami ini akan memungkinkan Anda memiliki pengalaman yang beda saat memakai WhatsApp web (WA) untuk PC.

Berikut ini merupakan pengertian whatsapp web yang harus anda ketahui.

Apa itu WhatsApp Web?

Pengertian WhatsApp Web Cara Menggunakan, Kelebihan & Kekurangan

Pengertian WhatsApp Web atau yang biasa dikenal dengan WA Web adalah alat untuk menggunakan aplikasi WhatsApp pada PC (Personal Computer).

Mampu diakses menggunakan PC akan membuat mengobrol menjadi lebih nyaman.

Anda dapat langsung mengirim pesan ke kontak atau grup dari PC yang disinkronkan langsung ke ponsel cerdas Anda yang memasang WhatsApp.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Cara menggunakan WhatsApp Web sangat mudah. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah laptop atau komputer, juga ponsel dengan akun WhatsApp, tentu saja.

Pastikan komputer sudah menginstal aplikasi browser, ya. Dapat menggunakan apa pun yang Anda suka. Google Chrome misalnya. Untuk cara menggunakannya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah 1: Pertama, buka browser di komputer Anda, lalu kunjungi situs web.whatsapp.com
  • Langkah 2: Selanjutnya, buka WhatsApp pada ponsel Anda. Pilih menu tiga titik pada kanan atas, selanjutnya pilih menu WhatsApp Web.
  • Langkah 3: Nanti kamera akan muncul untuk memindai kode batang. Arahkan kamera HP ke barcode yang ditemukan di situs Web WhatsApp (komputer).
  • Langkah 4: Jika demikian, maka Anda akan melihat tampilan obrolan WhatsApp. Di sini, WhatsApp Web dapat langsung digunakan.

Manfaat WhatsApp Web

Beberapa manfaat dan fungsi yang dapat diperoleh dari WhatsApp meliputi:

1. Obrolan Pribadi atau Grup

Anda dapat menggunakan WhatsApp untuk kebutuhan Obrolan dan juga Obrolan Grup yang dapat Anda gunakan dengan berbagai fitur dan kelebihan di dalamnya.

Dalam survei yang dilakukan oleh We Are Social disebutkan layanan di bawah naungan grup perusahaan besutan Mark Zuckerberg.

Yaitu WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Facebook Messenger adalah layanan yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia setelah Youtube.

2. Berbagi Informasi dan Berita

Sekarang ini tidak bisa ditinggalkan, karena dengan teknologi termasuk massegers seperti WhatsApp, akan membuat perkembangan informasi dan berita dapat menyebar dengan sangat cepat.

Fitur Broadcast adalah fitur di WhatsApp yang memungkinkan orang menyebarkan informasi positif dengan cepat dengan satu klik. Meskipun pada awal 2019 fitur siaran terbatas hanya 5 siaran untuk satu eksekusi.

3. Media Pendidikan

Dengan WhatsApp tentu membantu banyak hal salah satunya adalah sektor pendidikan di mana informasi dapat berkembang dengan cepat dan dapat memfasilitasi semua kegiatan di semua aspek media pendidikan saat ini terutama di Indonesia.

4. Buat Status / Cerita

Tidak jauh berbeda dengan Facebook dan Instagram, WhatsApp juga memiliki fitur Story and Status di mana fungsi WhatsApp sendiri telah berfungsi dan berubah menjadi salah satu pengirim pesan media sosial yang dapat digunakan pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain.

5. Media Bisnis Melalui WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah platform yang diluncurkan oleh WhatsApp beberapa tahun yang lalu, meskipun belum secara resmi dirilis secara penuh di Indonesia.

Tetapi dengan beberapa fitur yang telah diinformasikan oleh media terkait dengan WhatsApp Business.

Tentu saja bisa mendapatkan banyak manfaat bagi pebisnis dalam melakukan transaksi dan kegiatan bisnis menggunakan WhatsApp Business.

6. Panggilan Video dan Suara

Yang tidak kalah keren dari WhatsApp adalah bahwa fitur panggilan video akan memudahkan orang untuk berkomunikasi, tidak melalui obrolan lagi.

Tetapi dapat menggunakan panggilan video secara gratis dan mudah digunakan, terutama bagi orang-orang yang memiliki lokasi berbeda, berbagi pengalaman melalui media video , dan lain-lain.

7. Media Komunitas

Ini tentu sangat berguna untuk komunikasi komunitas di dunia, terutama di Indonesia, Meskipun WhatsApp memiliki batas hingga 250 pengguna untuk satu grup.

Tetapi fungsi WhatsApp sebagai komunitas meia dalam berinteraksi dan berbagi pengalaman dan pengetahuan adalah juga tidak lepas dari semua itu.

Kelebihan & Kekurangan dari WhatsApp Web

Meskipun memiliki kesan praktis, WhatsApp Web juga memiliki beberapa kelebihan dengan kerugian yang bisa Anda rasakan.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari WA Web yang Jaka rasakan sendiri:

1. Kelebihan WhatsApp Web

  • Kelebihannya bisa mengetik menggunakan keyboard, terutama dalam meminimalkan kesalahan ketik saat mengirim pesan.
  • Tidak perlu menginstal aplikasi, cukup dengan menggunakan browser seperti Google Chrome (walaupun opsi klien Web WA terpisah disediakan).
  • Fungsi normal untuk mengirim dan menerima pesan teks, gambar, video, dokumen dan kontak WhatsApp yang disimpan.
  • Dapat digunakan untuk mengirim stiker WhatsApp dan animasi GIF.
  • Dapat logout dari jarak jauh melalui aplikasi WhatsApp utama.

2. Kekurangan WhatsApp Web

  • Ponsel utama yang diinstal pada WhatsApp harus selalu terhubung ke jaringan internet.
  • Tidak dapat menggunakan beberapa fitur, seperti panggilan suara dan video, mengunggah status WhatsApp, dan mengirim lokasi.
  • Anda tidak dapat menggunakan lebih dari satu browser sekaligus. Jika Anda mencoba di browser lain, browser sebelumnya akan segera ditutup.
  • Tidak dapat mengubah pengaturan unduhan media, sehingga semua foto dan video yang dikirim secara otomatis akan diunduh.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Pengertian WhatsApp Web: Cara Menggunakan, Kelebihan & Kekurangan, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu Whatsapp Web?

Whatsapp Web adalah alat untuk menggunakan aplikasi WhatsApp pada PC.

Manfaat WA Web?

Salah satunya yaitu digunakan sebagain Obrolan Pribadi atau Grup via PC.

Kelebihan WA Web?

Salh satunya yaitu Tidak perlu menginstal aplikasi, cukup dengan menggunakan browser seperti Google Chrome.

sururon
Urip kuwi gawe rileks wae. Kerjo, yo mangan, yo turu, yo ibadah, yo seneng-seneng sambil online youtube, ig, facebook, karo ngeblog 😀😀😀