Urutan Versi Sistem Operasi Android

Posted on

Malavida.co.id – Apa saja Urutan Versi Sistem Operasi Android? Android adalah sistem operasi seluler berbasis Linux yang paling banyak digunakan di dunia.

Karena sifatnya yang open source, Android banyak dipakai pada hampir semua merek ponsel pintar atau smartphone seperti: Asus, Samsung, Xiaomi, Huawei, Oppo, Vivo, dan lainnya.

Karena banyak digunakan di berbagai merek HP dengan segmen yang berbeda, Android adalah sistem operasi paling populer saat ini.

Android selalu bersaing dengan iOS sistem operasi yang dibuat khusus untuk Apple Mobile.

iOS sama dengan Android karena dibuat khusus untuk ponsel dengan layar sentuh. Untuk menavigasi dan memilih menu, Anda dapat menekan, geser, ketuk, atau cubit gerakan.

Android menyediakan toko aplikasi yang disebut Play Store. Melalui toko aplikasi, Anda dapat mencari dan menginstal berbagai aplikasi dan game di ponsel Android Anda. Sebagian besar aplikasi dan game di Play Store gratis.

Jadi Anda tidak perlu merogoh kocek untuk memakainya, cukup berikan kuota data internet yang cukup.

Sejarah OS Android

Urutan Versi Sistem Operasi Android Dari Awal Sampai Terbaru dan sejarah

Android didirikan pertama kali pada tahun 2003 oleh Rich Miner, Andy Rubin, Chris White dan Nick Sears.

Android dibuat untuk bersaing dengan sistem operasi yang sedang populer di saat itu contohnya Windows Mobile dan Symbian. Pada era awal, sistem operasi Android telah mengalami pasang surut.

Hingga Agustus 2005, Google secara resmi mengakuisisi Android dan menjadikannya anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google.

Tim Android yang dipimpin oleh Andy Rubin kemudian mengembangkan Android untuk dapat berjalan pada platform perangkat mobile berbasis Linux Kernel.

Melalui Android, Google berencana memasuki pasar ponsel global. Hingga akhirnya pada Oktober 2008.

Google secara resmi memperkenalkan produk HP-nya dengan sistem operasi Android pertama yang bekerja sama dengan HTC, HTC Dream.

Setelah itu, pada 2010, Google secara resmi merilis Nexus, yaitu sistem operasi ponsel Android yang diproduksi oleh 3 mitra, yaitu HTC, LG, dan Samsung.

Setelah Android telah populer, semakin bertambah banyak perusahaan produsen ponsel pintar terkenal di seluruh dunia mulai tertarik untuk memproduksi ponsel dengan SO android.

Karena ini adalah Open Source, beragam produsen ponsel dunia dapat secara bebas melakukan pengembangan sistem operasi yang satu ini.

Pada akhirnya, sampai sekarang sistem operasi Android adalah sistem operasi yang paling maju dan memiliki banyak fitur inovatif daripada iOS.

Urutan Versi Sistem Operasi Android

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2008, sejuta sistem operasi ponsel, yaitu Android, sering merilis Android versi terbaru. Setiap versi Android terbaru pasti memiliki fitur baru dan perbaikan bug dari versi sebelumnya.

Selain dari itu, pada setiap versi dari Android mempunyai tampilan interface yang beda (UI) sehingga menjadi karakteristik yang ada di setiap versi.

Selain itu, Google juga memberikan penamaan unik di masing-masing versi Android terbaru.

Mulai dari Android versi 1.5 hingga 9.0 terbaru setiap versi diberi nama makanan penutup atau camilan manis seperti kue, permen, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, penamaan versi android juga mengikuti urutan dalam abjad mulai dari huruf C, D, E, F, G dan sebagainya. Berikut ini merupakan urutan dari sistem operasi Android bersama dengan nama versi, fitur, dan keunggulannya:

1. Android OS Versi 1.5 Cupcake

Android OS Versi 1,5 Cupcake

Android Cupcake merupakan generasi awal pada Android yang diluncurkan secara komersial. Sistem operasi ini juga pertama kali diberi nama kue atau camilan manis.

Versi paling awal dari sistem operasi ini memiliki fitur-fitur yang dianggap lazim saat ini seperti widget, keyboard virtual dan auto rotate, untuk memudahkan pengguna mengetik dan penyesuaian keyboard.

Bisa dikatakan Android Cupcake cuma mempunyai fitur dasar dari Android saja.

2. OS Android V. 1.6 Donat

Sehabis Cupcake, Google memberikan nama Donut ke versi terbaru dari sistem operasi Android. Dalam versi ini, Google telah menyematkan fitur-fitur canggih seperti mesin pemindaian teks ke suara.

Selain itu ada juga dukungan untuk CDMA dan indikator penggunaan baterai. Secara umum, pembaruan di Android Donut hanya menambahkan beberapa fitur dan memperbaiki bug.

3. OS Android Versi 2.0 Eclair

Android Eclair adalah versi Android yang dipersiapkan untuk masa depan ponsel pintar. Sistem operasi ini dilengkapi dengan fitur dukungan kamera seperti: lampu kilat, fokus, hingga efek warna.

Selain itu, dalam hal penampilan sistem operasi itu juga terlihat segar dengan fitur Live Wallpaper tambahan yang bisa dipertimbangkan karena waktunya.

4. Android OS Versi 2.2 Frozen Yogurt (Froyo)

Mengingat semakin populernya Android, Google telah merilis banyak fitur baru di Android versi terbaru, Froyo atau singkatan dari Frozen Yogurt. Versi Android ini memiliki kinerja dan optimisasi yang signifikan.

Ada juga fitur yang cukup inovatif pada saat itu, seperti tethering USB, hotspot WiFi portabel, dan notifikasi push. Dalam versi ini, pengguna juga dapat memindahkan data aplikasi besar ke memori eksternal.

5. Android OS V. 2.3 Gingerbread

Di satu sisi, Android Gingerbread iyalah puncak pada popularitas dari Android. Versi Gingerbread lumayan banyak menarik perhatian publik dunia yang sebelumnya memiliki lebih banyak perangkat iOS, Blackberry, atau masih menggunakan fitur ponsel.

Di Gingerbread, interface Android didesain lebih intuitif dan sederhana. Selain itu juga, ada juga fitur NFC yang berguna sebagai sistem pembayaran modern.

6. Android OS Versi 3.0 Honeycomb

Tidak banyak orang tahu tentang kehadiran versi Android Honeycomb. Ini karena sistem operasi hanya ditujukan untuk perangkat tablet.

Honeycomb mempunyai beberapa kelebihan unggulan termasuk Bar System, dukungan prosesor multi-core, serta layar awal yang dapat disesuaikan secara bebas.

7. Android OS Versi 4.0 Ice Cream Sandwich

Setelah meluncurkan Honeycomb, Google mendapati merilis sistem operasi Android terpisah antara ponsel dan tablet cukup merepotkan.

Karena itu, melalui Ice Cream Sandwich Google menyatukan kembali sistem operasi Android pada ponsel dan tablet menjadi satu. Karena digabung lagi, untuk mengoptimalkan sistem operasi akan lebih mudah.

Android Ice Cream Sandwich atau disingkat ICS memiliki fitur unggulan Android Beam yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer data dengan cepat melalui NFC.

8. Android OS Versi 4.1 Jelly Bean

Tidak banyak fitur baru yang ditawarkan di Android Jelly Bean dibandingkan dengan pendahulunya (ICS). Google hanya berfokus pada peningkatan kinerja dan keamanan sistem operasi Android dalam versi ini.

Bahkan jika ada fitur baru di Jelly Bean adalah dukungan konten gambar UHD 4K dan dukungan emoji.

9. OS Android Versi 4.4 KitKat

Sistem operasi Android KitKat membawa banyak peningkatan signifikan. Dalam versi ini, Google berfokus pada peningkatan pengalaman pengguna pengguna Android dengan meningkatkan kinerja sistem operasi.

Sebagai konsekuensi dari peningkatan pengalaman pengguna ini, pengguna tidak dapat memindahkan data aplikasi ke memori eksternal.

Ini karena untuk mendapatkan kinerja aplikasi yang lebih cepat, semua data yang diperlukan harus dalam memori internal.

Selain itu, batas minimum RAM juga ditingkatkan menjadi 512 MB. Dengan cara ini.

Google dan Android berharap pengguna dapat menikmati pengalaman komputasi mobile yang sama baiknya jika didukung oleh sistem operasi dan perangkat keras yang mumpuni.

10. OS Android Versi 5.0 Lollipop

Punya banyak harapan bahwa Google dan Android membuat tampilan antarmuka (UI) lebih baru dan lebih segar di Android versi terbaru.

Namun sayangnya ketika versi Lollipop diluncurkan, banyak pengguna tidak melihat perubahan signifikan dalam hal penampilan. Tampilan Android Lollipop UI dianggap membosankan.

Jika ada fitur baru yang hadir dan yang paling mencolok hanyalah kemampuan melihat notifikasi ketika layar terkunci (lockscreen).

11. Android OS Versi 6.0 Marshmallow

Untuk mengakhiri kekecewaan pengguna Android dengan Lollipop, Android telah merilis sistem operasi baru, Marshmallow. Sistem operasi ini menghadirkan banyak fitur baru yang lebih canggih.

Beberapa fitur baru di Marshmallow meliputi: Doze untuk menghemat baterai, mendukung sensor sidik jari untuk membuka kunci layar, dukungan tipe C USB, dan fitur uji coba Multi-Jendela sehingga pengguna dapat menggunakan 2 aplikasi berbeda pada satu layar.

12. Android V. 7.0 Nougat

Android Nougat merupakan perkembangan dari Marshmallow. Versi dari Android ini menghadirkan peningkatan kinerja dan antarmuka yang lebih intuitif.

Selain itu, fitur Multi-Window yang masih dalam tahap pengujian sebelumnya sekarang sempurna serta mendukung banyak sekali aplikasi.

Dengan kelebihan ini, user dapat menggunakan 2 aplikasi secara bersamaan, misalnya menonton YouTube sambil merespons pesan WhatsApp.

13. Android OS V. 8.0 Oreo

Android OS V,8,0 Oreo

Penampilan Android Oreo berbeda sekali dengan yang sebelumnya. Penampilan UI dalam versi Oreo kini telah lebih segar dan rapi.

Antarmuka juga lebih fokus untuk memudahkan pengguna mengakses aplikasi dan menemukan informasi yang dibutuhkan.

Ada juga fitur baru seperti Notification Dots, Picture in Picture, Autofill untuk memudahkan mengisi formulir online, emoji, dan banyak lagi.

14. Android OS Versi 9.0 Pie

Android OS Versi 9.0 Pie

Versi Android terbaru, bernama Pie, membawa lompatan baru dalam sejarah sistem operasi HP. Android Pie telah didukung oleh kemampuan kecerdasan buatan (AI).

Berkat AI, ponsel Android makin pintar dikarenakan mereka dapat belajar pola penggunaan dengan otomatis. Android Pie dapat menyesuaikan konsumsi baterai dengan rutinitas harian Anda.

Aplikasi yang tampil pada halaman utama juga dapat disesuaikan dengan aplikasi apa yang paling sering digunakan dan berguna saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Android Pie juga dapat menganalisis waktu penggunaan ponsel dan mengingatkan Anda jika terlalu lama menggunakan ponsel.

Sistem operasi Android memiliki kurang lebih 10 tahun menguasai dunia ponsel pintar. Berkat sistem operasi ini, setiap orang dapat menikmati komunikasi yang lebih mudah dan lebih murah.

Urutan sistem operasi Android dari awal hingga terbaru masing-masing memiliki keunggulan dibandingkan para pesaingnya pada masanya.

Jika ditanya versi Android mana yang terbaik? Jawabannya tentu saja yang terbaru di antaranya adalah Android 9.0 Pie. Android terbaru tentu saja memiliki semua fitur yang tersedia di versi sebelumnya.

Selain itu, versi Android terbaru harus memiliki bug atau kesalahan yang diperbaiki pada versi sistem operasi sebelumnya.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Urutan Versi Sistem Operasi Android dan Sejarahnya, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu Android Cupcake?

Android Cupcake merupakan generasi awal pada Android yang diluncurkan secara komersial. Sistem operasi ini juga pertama kali diberi nama kue atau camilan manis.

Apa Itu Android Gingerbread?

Android Gingerbread iyalah puncak pada popularitas dari Android. Versi Gingerbread lumayan banyak menarik perhatian publik dunia yang sebelumnya memiliki lebih banyak perangkat iOS, Blackberry, atau masih menggunakan fitur ponsel.

Apa Itu Android Pie?

Versi Android terbaru, bernama Pie, membawa lompatan baru dalam sejarah sistem operasi HP. Android Pie telah didukung oleh kemampuan kecerdasan buatan (AI).

sururon
Urip kuwi gawe rileks wae. Kerjo, yo mangan, yo turu, yo ibadah, yo seneng-seneng sambil online youtube, ig, facebook, karo ngeblog 😀😀😀